Dampak pembajakan software


Dampak Negatif :

  • Nilai ekonomi kecil. Di Indonesia, angka pembajakan termasuk tinggi. Hal ini jelas merugikan para pengembang software dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga, industri perangkat lunak komputer kurang bergairah yang mengakibatkan turunnya pendapatan produsen.
  • Kreativitas terhambat. Karena tingginya angka pembajakan, mengakibatkan anak bangsa Indonesia enggan untuk terjun ke dalam bisnis pembuatan software. Sehingga, bangsa Indonesia tidak memiliki kompetensi dalam persaingan teknologi software dalam negeri apalagi kancah internasional
  • Mudah menyebarnya berbagai kode-kode ‘jahat’ seperti virus, spyware, rook-kit, dll. Karena, paket program bajakan tidak terjamin keamanannya
  • Sistem operasi crash. Karena program bajakan tidak menjamin sistem keamanan yang memadai sehingga bila komputer terinfeksi kode-kode perusak dari program bajakan akan memungkinkan rusaknya sistem operasi.

Dampak Positif :

  • Minimnya gap teknologi. Karena jarang rumah tangga di Indonesia yang dapat membeli lisensi sebuah software, maka dengan adanya software bajakan akan membantu pengguna rumahan dalam menggunakan komputer tanpa biaya yang mahal.
  • Membantu pekerjaan. Misalnya tugas sekolah, tugas kantor, buku acara yang memerlukan lisensi software pengolah kata. Software bajakan cukup membantu karena lisensi dari software-software ini sangatlah mahal bagi sebagian besar pengguna.
  • Membantu dunia pendidikan. Dalam proses pendidikan, terdapat berbagai macam file di internet yang dapat diunduh secara Cuma-Cuma yang berkaitan dengan pengetahuan. Software bajakan membantu karena untuk mendapatkan reader dari software-software tersebut, tidak memerlukan biiaya yang mahal sehingga seorang pelajar dapat mempelajari artikel-artikel tersebut dengan mudah.
  • Hiburan yang murah. Game-game bajakan sangat memberikan hiburan yang murah karena selain sangat atraktif, untuk mendapatkannya kita tidak memerlukan biaya yang mahal.

Author : Andreas Novier

3 tanggapan untuk “Dampak pembajakan software

  1. seharusnya masyarakat menyadari bahwa pembajakan tidak hanya merugikan orang lain
    tapi juga merugikan diri sendiri…..
    mungkin memang tidak langsung kita temukan dampaknya
    tapi,,, generasi kedepan yang akan mendapatkan dampaknya….
    jadi saran saya,, kurangi pembajakan…. tingkt kan rasa cinta pd produk asli….

  2. seharusnya masyarakat menyasari bahwa pembajakan tidak hanya merugikan orang lain
    tapi juga merugikan diri sendiri…..
    mungkin memang tidak langsung kita temukan dampaknya
    tapi,,, generasi kedepan yang akan mendapatkan dampaknya….
    jadi saran saya,, kurangi pembajakan…. tingkt kan rasa cinta pd produk asli….

    1. Ya, menurut saya alangkah baiknya jika kita menggunakan produk lokal yang notabene lebih murah atau menggunakan sistem operasi dan software aplikasi yang bersifat open source. Terimakasih saudari Irma Ariyanti atas komentar Anda

Tinggalkan komentar