E-mail

Posted on November 17, 2009

0



E-mail adalah salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang digunakan untuk berkirim-kirim surat. E-mail juga disebut sebagai surat elektronik.

Keuntungan berkirim surat melalui e-mail :

· Pesan dapat dikirim ke seluruh dunia dengan waktu yang cepat.

· Biayanya murah.

· E-mail dapat mengirimkan pesan kepada banyak penerima sekaligus.

· Aksesnya mudah

Konsep e-mail sama dengan surat melalui pos. Masing-masing mempunyai kotak pos sendiri. Kita tinggal mengirim surat ke kotak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian si penerima akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim. Demikian juga dengan e-mail, masing-masing orang mempunyai alamat e-mail sendiri-sendiri.

Contoh alamat e-mail :

atzu_wita

Formatnya:

website penyedia e-mail

atzu_wita @ plasa.com

user ID dibaca”et” maksudnya adalah “di”

Dalam penulisan nama e-mail kita hanya memakai huruf kecil, nomor atau karakter – karakter tertentu ( /, _ , – dsb.).

Setiap e-mail juga memiliki security code/password yang berguna untuk menjaga privasi dari kotak surat kita. Jadi, orang lain tidak bisa membuka kotak pos kita tanpa mengetahui password kita.

Kita juga dapat menyisipkan lampiran-lampiran (file attachment) pada e-mail berupa file dokumen (.doc), Excel (.xls), program (.exe), gambar (.JPG), dan sebagainya.

Dilihat dari layanan yang diberikan, ada tiga jenis e-mail yang digunakan saat ini, antara lain : (1) POP mail, (2) e-mail berbasis web, dan (3) e-mail forwarding.

  1. POP Mail

POP Mail adalah pesan elektronik (electronic mail atau e-mail) yang dikirim oleh penyedia jasa internet (ISP). Keuntungan POP Mail adalah dapat dibuka dalam keadaan offline. Awalnya kita harus mengakses internet terlebih dahulu. Kemudian saat semua pesan muncul, kita dapat menutup akses internet kita. Saat dalam keadaan offline tersebut, kita dapat membuka satu persatu email yang datang ke dalam inbox. Saat kita ingin mengirim e-mail yang sudah kita siapkan sebagai balasan (reply message), baru kita kembali menghidupkan akses internet. Kekurangan dari POP Mail sendiri ada pada beberapa hal.

a. POP Mail tidak bisa digunakan dosembarang tempat. Karena software yang digunakan (contoh : Ms.Outlook) harus disetting terlebih dulu agar dapat menjalankan kegiatan penampilan POP Mail seperti di atas.

b. Bila kita menggunakan akses yang perhitungan biayanya berdasarkan lama koneksi kita akan mendapat keuntungan karena waktu yang dibutuhkan lebih sedikit. Namun jika kita menggunakan akses internet dengan perhitungan biaya berdasarkan besar file yang di download, biaya yang dikeluarkan sama aja.

  1. E-mal berbasis web

E-mail berbasis web ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail seperti www.yahoo.com, www.hotmail.msn.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com dan lain sebagainya. Biasanya, ada yang menawarkan paket gratis dengan ketentuan-ketentuan tertentu, dan ada pula yang mengharuskan pembayaran pada provider e-mail. Biasanya paket yang tidak gratis diwajibkan untuk organisasi, jika organisasi tersebut tidak memiliki situs sendiri. Kelebihan dari e-mail ini adalah kita dapat mengecek e-mail dimanapun dan kapanpun. Namun dalam penggunaannya, user harus dalam keadaan online. Itu membuat biaya koneksi yang dibutuhkan semakin besar.

3. E-mail Forwarding

E-mail Forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail lain. Sangat bermanfaat bagi orang yang suka menggonta-ganti alamat e-mail.

Kelebihannya, kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu mengganti alamat e-mail yang baru. Kita hanya perlu memberikan alamat e-mail forwardingnya.

Kekurangannya, e-mail jenis ini adalah hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat lain yang membutuhkan waktu lama.

Misalkan kita tentukan di server yang populer, maka kita masuk aja ke http://mail.yahoo.com/ Lalu klik sign up (tanda merah), kemudian akan tampil

Isikan formulirnya (terutama yang ada tanda *-nya). Setelah itu kalau mau baca-baca Terms of Service ya monggo.., terus klik I Agree., Jangan samapai salah di kolom Verify Your Registration , isikan dengan tulisan mencong-mencong di bawahnya. (contoh di atas isinya 2dex).

Maka akan tampil

Perhatikan yang dilingkari merah, itu adalah alamat email anda … catat, jangan lupa lagi…!!!! pada contoh di atas alamatnya citycryptx509.

Cara menggunakan E-mail

· Dengan cara menggunakan ‘browser’, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.

· Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

· Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :
Setelah Anda mendaftar yang paling penting adalah cara menggunakan email tersebut

· Yang utama adalah saat Anda ingin menggunakan email Anda harus Login terlebih dahulu

atau Sign in
Isi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.

· Setelah Anda sign in dan tidak berhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Anda lupa dengan password Anda klik forget your ID Password. Masukkan data yang saat Anda isi pertama kali [ harus ngat
waktu register Anda isi apa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utama mailbox. Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yang masuk ], draft [ email yang disimpan
], sent [ email yang telah terkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh
yahoo, hati hati untuk membuka email tersebut. Apabila tidak jelas dihapus saja
jangan dibuka ], dan trash [ email yang telah dihapus dan siap untuk di delete
permanent.

<![if !supportLists]>· Kliklah Inbox untuk melihat email-email yang telah dikirim orang lain untuk Anda inbox [ 21 ] artinya ada 21 email yang belum kita baca. Dan saat masuk kedalam inbox akan tampil list email-email. Tulisan tebal artinya kita belum pernah membuka [
membaca ] email tersebut. Tulisan biasa artinya kita sudah pernah membacanya. Klik di bagian subject untuk melihat isi email tersebut. Hasilnya seperti ini
demikianlah cara membaca email.

Cara mengirim email

· Salah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :
Setelah Anda mengetahui cara mendaftar dan cara menggunakan email sekarang saatnya untuk mengirim email

· Klik “compose” untuk mengirim sebuah email

· Setelah clik compose maka akan muncul windows khusus untuk mengirim email
Masukkan to : alamat email tujuan [ usernameteman
]
Dan masukan subject : Title [ perihal , kalimat pokok ]
Dan ketik isi dibagian bawahnya apa saja yang ingin disampaikan.

· Untuk mengirim multiple mail maka di bagian to: gunakan koma [, ] sebagai pembatas email 1 dan lainnya

· Untuk mengirim file gambar / mp3 atau file lainnya klik Attachment [ Attach file ] dan masukkan file tersebut.

· Ingat!!
Ketik surat Anda di notepad terlebih dahulu setelah itu copy ke bagian isi mail dan klik send saat ingin mengirimnya
Hal ini berguna agar saat send gagal Anda tidak perlu mengetik ulang. tinggal ctrl+c [ copy ] dan ctrl+v [ paste ]

· Dan setelah selesai semua
Jangan LUPA untuk Sign Out / Log out / Keluar !!! Agar orang lain tidak dapat membaca email Anda.

Nah, itu tadi adalah contoh membuat dan menggunakan email akun yahoo. Masih ada lebih banyak lagi seperti hotmail, gmail, dll

Terima kasih!!

Selamat mencoba….

Posted in: Tekno