Kimia yang berkaitan dengan Perdagangan

Posted on Januari 16, 2010

5



Bahan Logam

Logam yang banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari adalah besi, aluminium, dan tembaga. Oleh karena itu, kita persempit dengan pembahasan yang berkaitan dengan bhan logam, bahan polimer, dan bahan kimia.

Besi. . .

Besi mentah dibuat dari bijih besi yaitu hematite (Fe2O3). Bijih besi diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan besi cord an besi baja.

Penggunaan besi sangat luas seperti untuk konstruksi bangunan, jembatan, ataupun badan kendaraan. Kelemahan dari besi adalah mudah terkena korosi (karat, karena besi mudah teroksidasi oleh adanya oksigen dari udara dan air). Untuk menghindarinya, dibuatkan panduan dengan 18% Cr dan 8% Ni sehingga menghasilkan stainless stell yang tahan karat.

Rangka Bangunan Jembatan Perakitan mobil

Aluminium. . .

Aluminium diperoleh dari bijih aluminium yang disebut bauksit. Aluminium murni mudah membentuk senyawa oksida yaitu senyawa Al2O3. Oksida ini akan melapisi aluminium di bawahnya sehingga secara keseluruhan logam aluminium sukar terkena korosi (sukar teroksidasi). Aluminium merupakan logam yang ringan sehingga banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga, rangka bangunan, rangka sepeda, dan badan pesawat.

Peralatan rumah tangga Rangka bangunan Rangka sepeda Badan pesawat

Tembaga. . .

Tembaga di alam terdapat dalam bentuk mineral kalkopirit (CuFeS2) dan malakit (Cu(OH)2CO3). Tembaga merupakan logam yang mudah ditempa sehingga banyak dipergunakan untuk kerajinan dan karya seni. Selain itu, tembaga juga bersifat mudah menghantarkan arus listrik sehingga digunakan sebagai kabel dan komponen berbagai alat elektronik.

Bahan Polimer

Dalam perdagangan, kita tidak pernah lepas dari plastic pembungkus. Plastik yang banyak dipakai untuk pembungus harus tipis dan fleksibel. Plastik ini merupakan senyawa makromolekul (polimer), seperti plastic PE (polietilena) dan plastic PP (polipropilena). Semua jenis plastik terbuat dari molekul-molekul kecil (monomer) yang bereaksi bersama sehingga membentuk suatu molekul yang panjang (polimer).

Plastik sebagian besar dihasilkan dari minyak bumi. Plastik yang dihasilkan dapat dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan tingkat ketahanan terhadap panas, termoplastik dan termoset. Termoplastik akan sangat mudah dibentuk oleh panas. Sedangkan termoset , jika dipanaskan dengan suhu tinggi akan patah menjadi arang.

Termoplastik Termoset

Bahan Kimia

Banyak sekali bahan kimia yang digunakan dalam bidang industry.

Asam Sulfat. . .

Merupakan senyawa asam anorganikyang paling banyak digunakan dalam dunia industri. Asam sulfat digunakan secara luas karena harganya murah dan merupakan bahan untuk membuat bermacam-macam garam sulfat. Asam sulfat juga digunakan dalam industry pembuatan puuk, penyamakan kulit, pengolahan minyak, pewarnaan tekstil, dan pertambangan timah.

Industri pupuk Penyemakan kulit Pengolahan minyak Pewarnaan Tekstil

Pertambangan Timah

Amonia. . .

Amonia adalah nitrogen yang direaksikan dengan hydrogen yang menghasilkan senyawa NH3. Kegunaannya antara lain adalah untuk bahan baku pembuatan pupuk (pupuk urea dan pupuk ZA), pembuatan pulp, pembuatan asam nitrat dan garam nitrat, sebagai bahan peledak, dan sebagai bahan pendingin.

Industri pulp Bahan peledak

Asam Klorida. . .

Asam klorida merupakan bahan kimia yang sama pentingnya dengan asam sulfat. Asam klorida dibuat dengan cara mereaksikan klorin dan gas hydrogen pada suhu tinggi. Asam klorida yang berwujud gas dilarutkan dalam air sehingga diperoleh larutan asam klorida yang dijual dengan kepekatan sekitar 36%.

Asam klorida digunakan sebagai pelarut dalam industry logam, kimia, makanan, dan pengolahan minyak bumi.

Untuk dokumen yang lebih lengkap, klik saja Kimia yang berkaitan dengan Perdagangan.pdf