Silent Hill Homecoming

Posted on April 16, 2010

0



KONAMI kembali merilis sekuel terbaru Silent Hill. Misteri di balik kota yang selalu diselimuti kabut tersebut memang menarik untuk digali. Nuansa kengerian, ketegangan yang mencekam, dan kejutan tiba-tiba seolah sudah menjadi trademark tersendiri bagi seri game ini. Hal-hal tersebutlah yang membuat para penggemarnya setia mengikuti setiap sekuel. Namun, sekuel yang satu ini mungkin akan mengubah trademark tadi selamanya.

Silent Hill Homecoming berkisah tentang Alex Shepherd, seorang veteran kembali ke kampung halamannya di Shepherd’s Glen. Namun bukannya kedamaian yang didapatkannya di sana melainkan kenyataan sebaliknya. Banyak penduduk kota yang menghilang secara misterius, termasuk ayah dan adik laki-lakinya. Penyelidikan yang kemudian ia lakukan justru membawanya ke Silent Hill. Shepherd’s Glen ternyata memiliki rahasi kelam yang ada kaitannya dengan Silent Hill.

Sebagai sekuel terbaru Homecoming pastilah memiliki kualitas grafik yang lebih baik dari seri-seri sebelumnya. Penggambaran lingkungan permainan, monster, dan setiap karakternya terbilang solid dan cukup meyakinkan. Sayangnya kualitas yang diberikan tak terlalu signifikan dengan spesifikasi minimum yang diminta yang mungkin bisa membuat Anda terkaget-kaget. Kualitas grafik terasa agak terganggu dengan scene yang terlalu gelap. Sedemikian gelapnya hingga Anda tak menyangka bahwa flashlight (senter) Anda sebenarnya menyala. Kemungkinan hal ini memang sengaja dibuat oleh sang pengembang demi menimbulkan efek kengerian dan kejutan akan musuh yang datang. Sebuah upaya yang tampaknya kurang berhasil karena kedatangan musuh relatif mudah diprediksi.

Hal lain yang menjadi kelemahan sekuel terbaru ini adalah efek kejutan dan ketegangan yang terasa agak mencair dibanding sekuel-sekuel sebelumnya. Ada beberapa penyebab, tetapi mungkin penyebab utama adalah latar belakang Alex Shepherd. Sebagai veteran perang, Alex terbilang piawai dalam pertarungan. Ini beda dengan game-game terdahulu yang berkonsep anti-hero dengan karakter utama orang biasa. Jika diibaratkan, Homecoming seperti film horror John Carpenter , seru tapi tidak menegangkan. Terlebih lagi sistem pertarungan juga mengalami perubahan. Kini Anda dapat menghindari serangan musuh dan bahkan melontarkan counterattack.

Tak hanya itu, meski amunisi sangat terbatas Alex juga akan memiliki pistol, niffle, dan shotgun. Silent Hill memang agak berubah. Kini terserah Anda, suka atau tidak.

Sumber : PC Media

Posted in: Adventure, Review