Ingin Beli Laptop?

Posted on April 22, 2011

0



Harga laptop semakin turun. Namun, laptop murah bukan berarti laptop bagus. Pastikan laptop yang Anda beli memenuhi semua kebutuan komputasi Anda dengan melihat faktor-faktor berikut sebelum melakukan pembelian.

LAPTOP SEDANG TINGGI-TINGGINYA. Jika dulu digunakan oleh para profesional dan eksekutif, sekarang

banyak organisasi dan rumah yang menggunakan laptop untuk menggantikan komputer desktop. Adanya perubahaan kebiasaan dan ke- mudahan mendapatkan dan bergabung ke jaringan wireless, penjualan komputer laptop mulai melebihi desktop sejak pertengahan 2005.

Namun, membeli laptop saja tidak otomatis menjadikan Anda user komputer mobile yang efektif. Dengan semakin ketatnya kompetisi, banyak toko perlengkapan kantor dan toko elektronik menjual laptop dengan harga rendah. Masalahnya, karena ingin menekan harga, banyak dari laptop tersebut tidak begitu siap untuk komputasi dunia nyata. Berikut adalah faktor yang perlu Anda lihat pada laptop untuk membantu Anda dalam memilih model yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

 

Operating System

Sebagian besar laptop yang dijual di toko perlengkapan kantor dan toko elektronik besar sudah diisi dengan operating system Microsoft. Membeli PC yang dipasang Windows XP Home atau Vista Home Basic bukan merupakan persoalan, paling tidak pertama-tamanya. Dalam banyak membayar lebih untuk edisi bisnis jika yang perlu Anda lakukan adalah menulis dokumen, mengolah spreadsheet, mengirim dan menerima e-mail, dan menggunakan Internet?

Namun, versi bisnis menawarkan banyak fitur yang mungkin saja nanti dibutuhkan. Selain itu, migrasi dari lingkungan workgroup ke sistem client-server kadang diperumit dengan harusmembeli lisensi Windows XP Professional atau Vista Business (belum lagi waktu dan biaya yang berhubungan dengan upgrading setiap komputer user).

Operating system stand-alone biasanya tidak mendukung penggabungan ke domain maupun koneksi remote. Oleh karena itu, pada waktu membeli laptop, pastikan sudah diisi dengan operating system yang akan memenuhi semua kebutuhan komputasi Anda.

 

CPU

Laptop yang diiklankan dengan harga menarik sering kali tidak mempunyai CPU yang kuat. Pada waktu memilih komputer portable, belilah model dengan CPU yang disesuaikan untuk komputasi mobile. Jika tidak, Anda bisa berakhir dengan laptop yang membutuhkan waktu 5 sampai 7 menit untuk masuk ke dalam Windows, pemakaian baterai yang singkat, dan tidak bisa menjalankan aplikasi yang Anda gunakan.

CPU Intel Core 2 Duo mempunyai performa yang sangat baik. Selain tenaga pemrosesan yang besar, chip ini juga menggunakan energi yang lebih sedikit (sehingga pemakaian baterai bisa lebih lama) dan mengeluarkan panas yang lebih sedikit dibanding CPU Pentium sebelumnya. Laptop yang menggunakan chip ini (2.0 GHz dan lebih tinggi) bisa memenuhi semua kebutuhan komputasi untuk tiga atau empat tahun ke depan.

MELINDUNGI LAPTOP

Jika laptop user berada di tangan yang salah—baik secara fisik maupun virtual maka ini bisa menjadi bencana bagi perusahaan Anda jika berisi data-data penting. Berikut yang dapat dilakukan untuk melindungi laptop, perusahaan, data, dan reputasi Anda.

Enkripsi Isi Harddisk

Misalkan Anda sedang di bandara dan laptop Anda hilang atau dicuri. Laptop berisi seluruh database kustomer beserta informasi pribadi mereka. Ini merupakan insiden yang tentu saja tidak Anda inginkan. Lindungi diri Anda dari masalah semacam ini dengan mengenkripsi harddisk.

Jika Anda menggunakan Windows Vista, gunakan software enkripsi Vista BitLocker. Jika Anda menggunakan Windows XP atau operating system lainnya, ada banyak produk enkripsi pihah ketiga yang tersedia di pasaran. Meskipun Anda bisa menggunakan EFS (Encrypting File System), enkripsi secara keseluruhan menawarkan perlindungan yang lebih baik karena semua pada harddisk Anda dilindungi dan Anda tidak harus menyimpan file ke lokasi tertentu.

Instalasi Software Pelacak

Melindungi data sangatlah penting tapi jika laptop Anda hilang atau dicuri, Anda tentu menginginkannya kembali. Instalasi software yang akan melacak lokasi laptop Anda jika hilang atau dicuri. Sebagian besar software ini diinstalasi pada lokasi yang sangat tersembunyi dan tidak bisa dihapus dari sistem.

Setiap kali komputer terhubung ke Internet, ia melapora ke pabrikan software. Jika kompter dilaporkan hilang atau dicuri, pabrikan akan melacak lokasi laptop dan kemudian memberitahu pihak terkait. Secara fisik laptop memang terlindung, meskipun begitu, Anda tidak yakin apakah pencuri tersebut sudah mengambil data Anda.

Beberapa software pelacak memiliki kemampua untuk menghapus data dari jauh. Fitur ini bisa menjadi penyelamat jika laptop yang hilang atau dicuri berisi data rahasi. Dengan kemampuan ini, Anda bisa meng- hapus semua data rahasi sebelum jatuh ke tangan yang salah.

Instalasi Antivirus dan Antispyware

Dua software antivirus/anti-spyware terpisah akan jauh lebih baik dalam melindungi laptop Anda dibanding satu applikasi yang hanya menangkap virus. Sekarang ini, spyware sudah menjadi masalah besar bagi banyak orang dan selanjutnya adalah virus. Banyak spyware menginsta- lasi software keylogging dan software monitoring lainnya yang didesain untuk mengakses informasi pribadi. Laptop rentan terhadap spyware karena seringkali digunakan di luar perlindungan firewall kantor.

Ikat Laptop dengan Kabel dan Gembok

Kita tidak selalu membawa laptop ke mana pun kita pergi. Ada kalanya, laptop ditinggal di meja kerja, kamar hotel, rumah, dan sebagainya. Sering terjadi laptop dicuri dari rumah, bandara, hotel, dan bahkan kantor. Jika Anda bepergian atau menggunakan laptop di rumah, gunakan kabel dan gembok (seperti kabel/gembok Kensington atau Targus) sehingga Anda bisa mengunci laptop ke kaki meja misalnya.

Meskipun ini tidak seratus persen melindungi laptop Anda dari pencuri, tapi sebagian besar dari mereka akan pergi jika sasaranya tidak mudah. Setiap rintangan yang Anda pasang akan mempersulit pencuri.

Instalasi Software Firewall

Software firewall melindungi sistem. Software semacam ini menjauhkan traffic yang tidak diinginkan dari komputer Anda. Namun, tidak semua sistem perlu software firewall. Jika Anda ingin memilih target yang perlu dipasangi firewall, maka laptop sangatlah tepat.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, komputer laptop sering berada di luar firewall kantor, yang artinya mereka tidak mempunyai pelindung. Firewall akan melindungi komputer dari serangan, terutama jika Anda menggunakan jaringan wireless yang tidak aman.

Tetap Up-to-date

Meskipun update sering muncul dan kadang sulit untuk mengikutinya, menjaga semua software Anda tetap up-to-date sangatlah penting. Sejumlah patch didesain untuk memperbaiki bugs yang bisa membuat komputer Anda dieksploitasi. Lakukan update otomatis sehingga patch langsung dipasang begitu mereka tersedia.

Gunakan Password yang Kuat

Password tetap menjadi cara yang paling umum untuk mengamankan sesuatu, termasuk komputer laptop. Sekali lagi, karena laptop sering di dunia luar, menggunakan password yang kuat sangatlah penting untuk mengurangi risiko pengambil-alihan account lokal. Pastikan semua account lokal diamankan dengan baik, termasuk account Ad- ministrator lokal.

Gunakan Jaringan Wireless Secara Hati-hati

Jaringan wireless mulai menjamur—dari Starbucks, dan bahkan Dunkin Donuts. Meskipun Anda sering kali harus mendaftar untuk menggunakan koneksi, jaringan wireless tidaklah aman karena setiap orang di dalam range laptop Anda bisa mengambil apa pun yang Anda lihat, lakukan dan ketik, jadi ini tidak bagus.

Jika Anda bekerja dari satu lokasi ke lokasi lain dan harus bekerja dengan data rahasia, cobalah untuk terhubung ke kantor melalui VPN dan lakukan pekerjaan Anda melalui koneksi tersebut. Dengan VPN, traffic antara laptop dan tempat kerja Anda akan dienkripsi. Jika keamanan informasi merupakan hal yang utama, gunakan jaringan wireless yang dilindungi dengan WPA atau WPA2. Ini memang bukanlah solusi yag sempurna, tapi jauh lebih baik dibanding hanya menggunakan WEP.

Disable Service yang Tidak Anda Butuhkan

Setiap service yang dijalankan pada laptop bisa meningkatkan serangan ke laptop Anda, terutama pada service yang menggunakan port tertentu. Supaya laptop lebih terlindung, disable semua service yang tidak Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda.

RAM

Banyak laptop Windows Vista yang dipasarkan mempunyai mempunyai RAM 1 GB. RAM sebesar itu memang lebih dari cukup untuk Windows XP, tapi biasanya tidak cukup untuk menjalankan sistem Vista secara lancar. Bagi user yang ingin menjalankan beberapa aplikasi secara simultan pada laptop Windows Vista sebaiknya isi laptop dengan RAM 2 GB. Meski- pun sebagian besar user tidak menganggap diri mereka sebagai power user, RAM 2 GB harus menjadi standar bagi user yang ingin menjalankan beberapa aplikasi Office sambil surfing di Internet dan mengecek e-mail. Bagi Anda yang ingin mengedit foto digital atau memainkan game pada sistem Vista juga harus upgrade ke RAM 2 GB.

Video Card

Performa grafis pada komputer laptop terkenal buruk. Ini terutama untuk laptop berharga US$500-an. Operating system Windows Vista membutuhkan video card yang kuat untuk memaksimalkan fitur barunya (mencakup interface Aero yang butuh banyak resource, menu tembus pandang, dan teknologi Flip 3D). Komputer Windows XP yang ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran tiga dimensi juga membutuhkan video card yang kuat, demikian juga game, apapun OS-nya.

Pada waktu ingin membeli komputer laptop, pilihlah model yang paling sedikit mempunyai RAM onboard 128 MB. Jika Anda ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran, produksi video, atau games, Anda harus upgrade ke video card dengan RAM 256 MB.

Port

Banyak user beranggapan bahwa setiap komputer laptop modern mempunyai banyak port USB, dan juga port VGA, DVI, serial, dan paralel. Mereka mungkin akan kecewa; untuk menekan harga, pabrikan mengurangi jumlah port pada laptop.

Laptop ekomonis seringkali hanya mempunya sepasang port USB, tanpa port serial, paralel, atau DVI dan hanya punya satu port VGA (jika port video memang ada. Pada waktu membeli laptop, lihat spesifikasi teknisnya dan pastikan port yang dibutuhkan ada. Sebagian besar laptop sekarang sudah dilengkapi dengan NIC, mereka tidak selalu punya slot PC Card, jadi itu juga faktor lain yang harus dipertimbangkan pada waktu hendak membeli laptop.

Ukuran Layar

Pikirkan masak-masak kebutuhan monitor Anda sebelum mem- beli laptop. Anda mungkin berpikir bahwa yang Anda butuhkan adalah layar lebar 17-inci. Namun akhirnya, terasa terlalu besar. Kenapa begitu?

Pikirkanlah bagaimana nanti Anda akan menggunakan laptop. Jika laptop nanti akan sering dibawa bepergian, menyimpannya ke tas pelindung, membawanya ke bandara, memasukkannya ke mesin pengawas barang, membawanya ke dalam ruang pertemuan, dan menentengnya ke mana pun Anda pergi akan sangat susah jika layarnya berukuran besar.

Model dengan layar 12-inci lebih mudah dibawa bepergian, ke dalam pesawat, dan kedai kopi. Mereka juga jauh lebih ringan, dan jika diperlukan Anda bisa memadukannya dengan layar 22-inci di meja Anda.

Wireless Terintegrasi

Hampir menjadi standar bahwa laptop yang dipasarkan seka- rang ini sudah dipasangi kartu wireless (WiFi) 802.11g. Namun, tentu saja itu bukan keharusan dan tidak semua model mempunyainya. Pastikan laptop yang ingin Anda beli mempunyai teknologi WiFi yang Anda butuhkan. Baca spesifikasinya secara seksama untuk memastikan model ang Anda beli menyediakan konektivitas wireless yang dibutuhkan.

Bluetooth Terintegrasi

Teknologi bluetooth terintegrasi pada laptop dulunya merupakan barang mewah. Sebagian besar user sekarang mengasosiasikan Bluetooth dengan hands-free wireless yang digunakan pada telepon seluler, tapi Bluetooth juga semakin penting pada waktu hendak menghubungkan perangkat handheld ke laptop.

Dengan teknologi Bluetooth, Anda bisa menyinkronisasi kontak, e-mail, kalender, dan daftar task ponsel ke laptop secara wireless. Teknologi Bluetooth juga bisa digunakan untuk menghubungkan mouse wireless ke laptop.

Touch Pad

Hampir semua laptop dilengkapi dengan touch pad dan tombol kliknya. Mempunyai touch pad atau pointer yang canggih tidaklah penting. Pastikan saja Anda memilih laptop yang mempunyai perangkat pointing yang Anda suka.

Cobalah model yang ingin Anda beli untuk memastikan touchpad-nya nyaman. Meskipun Anda berencana untuk menggunakan mouse eksternal, ada kalanya Anda mungkin lupa membawanya dan hanya touch pad yang Anda punya.

Pemakaian Baterai

Pemakaian baterai sangat penting tapi bukanlah penghalang. Pada waktu membeli laptop, jika satu baterai tidak menyediakan masa pakai yang dibutuhkan, Anda bisa membeli baterai kedua.

Namun, banyak user yang tidak mau direpotkan dengan membawa beberapa baterai. Biasanya, baterai laptop di-upgrade dari enam atau sembilan-sel ke 12-sel (jika ada). Baterai yang lebih besar bisa bertahan lebih lama, dan hal ini merupakan faktor penting bagi mereka yang bepergian melalui udara.

Perlu diketahui bahwa sel baterai yang lebih besar sering kali membuat ukuran baterai lebih menonjol. Dengan kata lain, mereka bisa mengurangi estetika laptop. Bagaimanapun, tidak ada yang pernah mengatakan bahwa fungsionalitas tidak ada harganya.

 

 

LEBIH LANJUT

http://products.amd.com/en-us/NotebookCPUFilter.aspx

http://www.intel.com/products/centrino/compare.htm

Posted in: Tekno, Tips dan Trik