Medal of Honor : Airbone

Posted on April 25, 2011

2



Anda adalah anggota pasukan Airborne 88 yang harus siap diterjunkan dalam misi strategis di berbagai lokasi selama PD II.

image

MEDAL OF HONOR: Airborne agak berbeda dibanding game FPS biasa. Bukan hanya dari penentuan lokasi pendaratan tapi juga dari sisi gameplay lainnya. Game ini, misalnya, tidak mengizinkan Anda menembak sembari

berlari. Saat berlari, senjata akan dipegang dengan dua tangan dan ikut berayun kian ke mari. Game ini mutlak mengharuskan Anda memanfaatkan kondisi atau benda di lingkungan permainan untuk berlin dung. Apalagi musuh ternyata sangat peka terhadap kehadiran Anda. Berikut adalah beberapa tip umum dan walkthrough untuk membantu Anda.

Tips
Setiap misi Anda selalu bisa mendapatkan Skill Drop. Skill Drop adalah skill pendaratan payung. Lokasinya tersebar dan tersembunyi, namun ditandai dengan adanya payung terjun. Jadi, sebisa mungkin jelajahi seluruh area sebelum berlanjut ke objective berikutnya.
Senjata adalah salah satu poin penting. Namun mulai misi ketiga, senapan sniper (Springfi eld) mungkin harus selalu dipertimbangkan untuk dibawa. Pada versi upgrade maksimalnya, senjata ini bahkan bisa menjadi pelontar granat. Pengecualian mungkin untuk misi terakhir, yang kebanyakan mengharuskan Anda bertempur dari jarak dekat.
Hal lain yang juga perlu diketahui, musuh seolah tak bisa habis jika hanya ditembaki dari jarak jauh. Anda harus menyerbu dan berada di lokasi itu untuk menghentikan gelombang kedatangan musuh. Jadi, gunakan senjata sniper hanya untuk menghabisi musuh berbahaya, seperti penembak MG, sniper, Panzerschrek lalu segera bergerak maju.
Nazi Storm Elite adalah musuh paling berbahaya dan baru akan dijumpai di misi-misi akhir. Mereka relatif tahan terhadap peluru, jadi jangan ragu menggunakan senjata terbaik yang Anda punya saat itu (panzerschrek, gammon grenade). Jika tak ada, berondong mereka dengan peluru tanpa henti. Berlindung saat reload, dan berondong lagi. Kekurangannya, gerak mereka relatif lambat sehingga Anda punya waktu untuk berlindung dari senjata mesin mereka. Selain itu, mereka juga agak sulit membidik ke atas jadi jika memungkinkan ambil posisi di atas mereka.
Save game berlangsung secara otomatis setiap Anda menyelesaikan satu objective. Apabila Anda tewas sebelum salah satu objective diselesaikan, musuh akan kembali muncul dan semua perolehan Anda (seperti award, skill drop) akan hilang sehingga Anda harus menyusurnya lagi (untuk skill drop) demi mendapatkannya.
Setiap objective ditunjukkan dalam peta, sehingga Anda tak akan kesulitan menemukannya. Oleh karena itu, walkthrough kali ini dibuat secara umum dan tidak memerinci secara detail.

I. INFINITE MISCHIEF
Objective
Secure Town of Adanti
   Destroy Town Hall AA Guns (2)
   Destroy Hill Houses AA Gun
   Destroy Northeast Gate AA Gun
Assemble with Airborne at North
Gate
Locate Missing Sniper Team
Eliminate German Commander
Repel Enemy Counterattack
   Asemble With Airborne at Town
Square
   Eliminate German Offi cers (3)

Skill Drops
Total ada 5 skill drop yang bisa Anda dapatkan di misi ini. Sempatkan untuk berkeliling kota dan cermati bila ada bekas pendaratan parasut.
1. Di seberang menara sniper, dekat Townhall, menuju selatan ada atap yang hancur. Mendaratlah dan turun ke dalamnya.
2. Puncak menara gereja dekat salah satu lokasi safe zone (asap hjau). Anda mutlak
harus mendarat dengan parasut di atasnya karena tak bisa dicapai dari darat.
3. Bagunan dengan balkon ke arah utara town hall.
4. Sisi timur kota, ada atap kecil yang hancur. Mendaratlah di jalan di dekat situ dan lihat sekeliling untuk menemukan parasut.
5. Di “jembatan” yang menjadi gerbang saat menuju ke Northeast Gate AA Gun. Anda bisa melihatnya dengan mudah. Naiki tangga menuju alur di atas temboknya dan dekati parasut itu.

Misi
Mendaratlah di manapun yang Anda mau. Kemudian tuju salah satu dari tiga lokasi AA Guns. Lokasi paling mudah ditemukan adalah Town Hall. Hancurkan tentara Jerman di depan Town Hall. Sebelumnya bidiklah penembak dengan senapan mesin di atas Town Hall. Saat memasuki TownHall bersiaplah menghadapi perlawanan sengit di dalam. Sebuah senapan mesin juga terpasang di depan tangga. Habisi musuh di lantai dua, lalu naik ke atas atapnya. Habisi semua musuh di sini dan ledakkan dua A Guns.

Tuju northeast gate AA Gun, peta akan menunjukkan lokasinya. Habisi semua musuh dan ledakkan AA Gun. Anda bisa menyergap musuh dekat AA Gun dari dalam rumah. Tuju Hill House AA Gun. Jalan menuju ke sana di penuhi musuh, dengan senapan mesin yang terpasang di berbagai tempat. Cara teraman untuk menuju AA Gun di bukit dibukit adalah melalui rumah di kanan (saat jalan mendaki).

Setelah semua AA Gun diledakkan, ikuti peta untuk menuju Northgate dan bergabung dengan rekan Anda. Untuk menemukan lokasi team sniper. Ikuti alur di depan. Tembaki semua musuh. Lalu masuki rumah di ujung jalan. Setelah menemui mereka, segera dekati jendela dan tembak German Commander di bangunan seberang. Selanjutnya kembali ke arah TownHall. Habisi musuh di sini. Ketiga German Officer berada di depan Town Hall, di ruangan kiri di lantai dua, dan di atas atap Town Hall.

II. THE SHOW
Objective
Secure Paestum Ruins
Sabotage Fuel Containers (2)
Destroy Ammo Cache
Sabotage Enemy Communications
Disable Communications Antenna
Disable Communications Radio
Assemble with 5th Army Demo
Team
Defeat Enemy Ambush
Assemble with Corporal Kish
Destroy Hilltop Artillery
Ascend to Hilltop Temple
Destroy AA Guns
Set signal for P-40 Warhawk
Skill Drop
1. Dalam runtuhan berbentuk melingkar (amphitheater), parasut berada di atas kargo di dekat pintu masuknya.
2. Dekat safe zone barat. Tergantung pada tiang.
3. Dekat safe zone timur. Tergantung pada tembok pengintai.
4. Di depan parasut save zone timur,. Ia berada di lokasi penggalian. Jalan lurus dari parasut ketiga ke arah lokasi penggalian, jangan turun tapi jalanlah melalui sisi kanannya. Anda akan menemukannya di situ.
5. Dekat depot bahan bakar yang Anda hancurkan. Ia tergantung pada menara air.
Misi
Misi termudah adalah menyabotase tangki bahan bakar. Tembak kedua tangki berwarna merah hingga meledak. Tuju lokasi ammo cache. Masuki bangunannya dan habisi musuh. Tanam bom dan lari keluar secepat mungkin. Selanjutnya ikuti arah peta menuju lokasi pusat komunikasi. Anda harus melalui struktur kayu untuk mencapainya. Di tempat ini, berhati-hati lah terhadap tembakan dan lemparan granat dari atas. Susuri jalan papan sampai ke belakang. Tembaki radio di dalam tenda yang paling ujung.

Selanjutnya, bidik antena di dekat struktur kayu tadi (berwarna merah). Ikuti peta untuk kembali bergabung dengan rekan Anda. Saat terjebak, gunakan senapan sniper Anda (Springfi eld) untuk merubuhkan penye rang satu per-satu. Temui kopral Kish. Setelah dia menghancurkan gerbang, serbu masuk. Musuh di sini sangat banyak dan tangguh. Sisir dari sisi kanan, tembak barrel berwarna merah. Habisi musuh hingga ke atas. Selanjutnya ikuti alur dan ledakkan AA Gun.

III . SAVED BY SACRIFICE
Objectives
Secure Andouville Battery
Collect M18 bundle (4)
Clear & secure spotting tower
Destroy radar antenna relay
Knock outTiger Tank
Clear central casemate
Clear & secure Pillbox (2)
Skill Drop
1. Lantai dua dari rumah di sebelah kiri safe zone.
2. Lantai dua dari rumah di sebelah kanan safe zone.
3. Salah satu puing rumah saat Anda menuju spotting tower.
4. Bunker dekat dinding luar spotting tower.
5. Dekat jalan masuk ke spotting tower.
Misi
Begitu mendarat segera koleksi ke empat M18 bundle. Satu berada di di rumah di samping safezone, dan tiga lainnya berada nyaris di setiap pojok mengitari rumah sebelah kiri safe zone. Setelah Tiger Tank dating segera masuk rumah di kiri tadi. Di dalam juga ada amunisi untuk M18. Melalui jendela, tembak Tiger Tank yang mengelilingi rumah dengan M18. Selanjutnya tuju spotting tower. Banyak musuh di sini, termasuk senapan mesin (MG). Gunakan senjata sniper (Springfield) untuk meghabisi musuh bersenapan mesin. Selanjutnya tuju ke sana. Habisi semua musuh yang berada di dalam spotting tower. Keluar dari menara dan tuju lokasi antena, tuju atap dan hancurkan radar antena. Tuju lokasi central casemate dan habisi musuh. Tuju dan masuki pillbox, habisi musuh di kedua ruang (2 lantai) intai yang dipasangi beberapa MG. Lakukan hal yang sama dengan pillbox berikutnya.

IV THE OPENING
Objective
Sabotage bridge demolition equipment
   Disable explosive plunger
   Disable radio equipment
Secure town of Nijmegen
   Collect Gammon grenade
   Clear MG Nest (3)
   Knock out roving Tiger Tank
Clear resistance and assemble with
airborne
Knock out Tiger Tank
Assemble with airborne at bridge
surface
Clear and secure bridge
Knock out Tiger Tank
Skill Drop
1. Dekat gereja.
2. Di antara dua bangunan tempat MG nest, tuju plang penghubungnya.
3. Di bangunan yang sama naik ke lantai atasnya, tuju ruang dengan lubang di dinding.

4. Tak jauh dari lokasi explosive plunger, di jalan menuju utara ada parasut tergantung.
5. Di bangunan dekat radio equipment.

Misi
Anda dapat mendarat di manapun. Ikuti petunjuk peta, Masuki rumah untuk mencari skill drop. Habisi setiap musuh yang nampak. Hancurkan radio berikut explosive plunger. Cek lokasi MG nest dan habisi mereka. Berdasarkan peta, temukan lokasi Gammon Grenade. Ambil dan lemparkan pada Tiger Tank yang muncul. Anda bisa melakukannya sembari berlindung di dalam rumah. Jika sukses, tuju lokasi para Airborne sembari menghabisi musuh yang ada. Gunakan Gammon Grenade pada Tiger tank berikut yang muncul. Tuju rumah dibalik kaki embatan. Habisi musuh di situ. Naiki bangunan hingga ke lantai paling atas. Keluar dan turun ke jembatan. Berhati-hatilah karena di atas jembatan ini banyak musuh yang menembaki Anda dengan senjata panzerschreck. Gunakan springfield (sniper) untuk membidik mereka. Ambil senjata panzerschreck dan tuju ujung jembatan. Berlindung di balik bangkai bus dan tembak Tiger Tank dengan panzerschreck.

V. YOUNG FOOLS
Objectives
Secure Factory Drop Zone
   Destroy Tanks on Railcars (3)
   Destroy Munitions Stockpile
   Destroy Railgun
   Sabotage Tank Factory Control Room
   Destroy Pressure Valves (2)
Assemble with Airborne at Steel Mill
   Clear and Secure Entrance to Rail Yard
Clear and Secure Rail Yard
   Destroy Panzerzug Engine
   Destroy Panzerzug Cannon Cars (3)

Skill Drop
1. Balkon merah di pintu Munition Factory.
2. Tak jauh dari train car yang digantung
di sisi timur.
3. Dekat tangki, di seberang Tank Factory,
persimpangan jalur masuk ke
pabrik tank tapi lewat atas (tangga/
platform).
4. Dari safe zone di antara dua bangunan
tinggi, panjat ke atas, dan tuju pipa di
kiri. Parasut terletak di pipa dekat/ di
atas “rumah” tempat sniper.
5. Di atas tiga fuel canister. Anda harus
mendarat di atasnya untuk mencapainya.
Misi
Catatan: misi ini penuh dengan para sniper. Jadi bawa juga senapan sniper Anda (springfi eld). Jika Anda mendarat di platform tangga. Usahakan untuk menghabisi dulu para sniper yang ada. Salah satu objective, yakni pressure valves berada di dua “rumah” (hut) dengan atap merah dekat situ. Hancurkan lebih dulu.

Selanjutnya ikuti platform untuk memasuki pabrik tank. Habisi musuh di dalam, dan hancurkan ruang kontrolnya dan railgun. Jika beres, keluar. Habisi musuh yang ada dan ledakkan tiga tank (dengan menanam bom) di atas rel. Selanjutnya naiki platform tangga, dan masuki munition factory. Habisi musuh dan turun hingga ke bawah. Masuki pintu di pojok untuk ke ruang bawah. Habisi musuh dan tanam bom. Segera keluar. Sebelum menuju lokasi yang ditunjuk peta, habisi dulu semua musuh di sekitar area. Tak lama sebuah kereta muncul berikut Nazi Storm Elite. Anda tinggal sendiri, jadi sebaiknya segera lari dan naiki platform tangga. Bidik dan berondong Nazi Storm Elite yang mengejar Anda. Butuh berondongan senapan atau bom untuk menghabisinya. Beres dengannya habisi juga musuh lainnya, lalu turun ke bawah. Naiki tangga di atas kereta tadi. Loncat dari tangga ke atap kereta. Tempatkan bom pada lokasi yang ditentukan. Lakukan hal sama untuk dua lainnya.

VI . FLYING THROUGH HAIL
Objectives
Secure Flak Tower
   Destroy Artillery Guns (3)
   Destroy AA Guns (4)
   Eliminate Enemies on Halftracks (3)
   Disable Ammunition Lift Controls on 4th Floor
   Disable Ammunition Lift Controls on 2nd Floor
Assemble at Main Control Room on 3rd Floor
Assemble with Engineers in Ammunition Storage
Escape Flak Tower
Destroy Flak Tower

Skill Drop
1. Balkon di antara bagian paling atas menara dan tembok yang berkeliling di bawahnya.
2. Di platform kayu yang menempel mengelilingi menara (lokasi sniper). Platform ini berada di bawah area safe zone atau sejajar dengan lantai empat menara (depan pintu keluar lantai 4).
3. Setelah menghancurkan ammunition lift controls di lantai 4, turun melalui jalan rahasia di situ hingga bertemu ruang dengan peti amunisi yang bisa Anda manfaatkan. Keluar dan ikuti platform yang memutarinya untuk ke gang kecil di belakangnya. Anda bisa menemukan parasut dekat jendela.
4. Di sisi barat menara, di tengah platform kayu para sniper.
5. Di lantai bawah. Lantai dua rumah sebelah kiri.

Misi
Mendaratlah di safe zone balkon beton menara. Kelilingi balkon dan habisi musuh. sembari menghancurkan tiga artillery gun yang terpasang di balkon. Lalu naiki tangga ke lokasi AA Gun, habisi musuh dan hancurkan ke empat AA Gun. Naik ke atap dan habisi musuh di situ. Berhati- hatilah karena di misi ini ada banyak Nazi Storm Elite dan musuh bersenjata panzerschrek.

Kemudian tuju ke dalam menara dan turuni tiap tingkat. Gunakan lift menuju lantai 4. Hancurkan ammunition lift control. Turuni lubang rahasia untuk mencapai ruang amunisi dan mendapat panzerschrek. Selanjutnya turun ke lantai dua. Habisi musuh dan hancurkan ammunition lift controls. Jika beres, tuju lift dan turun ke lantai bawah. Untuk menghabisi musuh di halftrack, Anda bisa menembak barrel merah di dekatnya.

Setelah beres, naik kembali ke menara dan tuju lantai tiga. Habisi musuh termasuk beberapa Nazi Storm Elite di control room. Turun ke lantai bawah. Setelah bom terpasang. Bersiaplah untuk menghadapi gelombang demi gelombang serangan Nazi Storm Elite. Sebaiknya jangan turun dulu, tapi tuju ke dalam, naiki tangga untuk mengambil ammunisi termasuk Gammon Grenade. Turun ke lantai bawah dan gunakan grenade ini untuk para elite  tadi. Selanjutnya tuju tangga ke atas, ikuti sewer. Saat bertemu engineer yang tewas, ambil switchbox di lantai dan gunakan
untuk menghancurkan tower.

Posted in: Game, Tekno, Walkthrough