Beralih ke Whatsapp,yuk!

Posted on Agustus 12, 2011

2



Anda tau aplikasi Blackberry Messenger? Aplikasi dalam ponsel Blackberry produksi RIM ini memang membuat terobosan dalam komunikasi digital. Bagaimana tidak? Pasalnya, dengan BlackBerry Messenger (kita singkat menjadi BBM), kita bisa melakukan komunikasi teks dengan koneksi internet dari BBM kita. Selain mengirim pesan dalam bentuk teks,kita juga bisa mengirim file dalam bentuk foto,video,maupun file suara. Alhasil, seperti media komunikasi murah meriah yang realtime.

“Kalau begitu,saya hanya membutuhkan pesan teks. Apa keuntungan BBM?”. Mari saya jelaskan,ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan sms. Selain berbagi file multimedia,sms juga tidak bisa melakukan percakapan

dalam grup. Jadi, jika Anda pernah menggunakan layanan chat gratis via Yahoo Messenger atao Live Messenger,Anda akan mendapatkan fakta bahwasanya aplikasi BBM sama dengan teknologi chat,namun BBM tidak memerlukan istilah login sehingga Anda selalu terhubung ke siapapun pengguna BBM (semisal pacar,teman dekat,kolega kerja,keluarga,dll). Seperti sms saja kan?

Lalu jika Anda tidak memiliki BlackBerry, bagaimana supaya saya tetap terhubung via real time messenger? Adalah whatsapp,aplikasi komunikasi real time lintas platform. Whatsapp memiliki fitur yang hampir sama dengan BBM, antara lain komunikasi teks biasa,juga berbagi file-file multimedia yang terdiri atas foto,musik,maupun video. Tidak seperti BBM yang berbasis PIN sebagai kode identifikasi,whatsapp cukup memerlukan nomor handphone teman Anda. Jadi tidak ada istilah minta PIN untuk selalu terhubung. Cukup nomor saja. Kelebihan lainnya dari whatsapp adalah tidak ada istilah berlangganan di tahun pertama. Setelah itu hanya US$ 1.99/tahun! Anda hanya memerlukan koneksi internet untuk selalu terhubung. Dalam pemakaian seharian tanpa mengirim file multimedia,jumlah paket data yang saya gunakan untuk aplikasi whatsapp tidak pernah lebih dari 300 kilobytes. Kalau pemakaian normal paling tidak akan sampai 100 kilobytes. Hal ini sangat membantu (saya pikir). Terutama untuk koordinasi dengan banyak orang, semisal mengerjakan tugas ospek selama setahun misalnya?

Multiplatform Whatsapp

Untuk menggunakan whatsapp,sangat mudah. Cukup dengan mendownload aplikasi whatsapp dari http://www.whatsapp.com. Ponsel yang mendukung antara lain : nokia symbian v^3,iphone,blackberry,nokia series 40,dan ponsel bersistem operasi android. Nah, hebat bukan? Setelah mendownload aplikasi dan meng-installnya,Anda harus mendaftarkan nomor Anda langsung dari aplikasi tersebut. Tenang saja, tidak ada biaya tambahan yang dikenakan. Hanya biasa koneksi data yang dibutuhkan. Hal ini tergolong sangat murah. Setelah itu,akan dijalankan proses konfigurasi secara otomatis. Setelah proses tersebut selesai,maka seluruh kontak yang ada di ponsel Anda akan ditampilkan seluruhnya,baik pengguna whatsapp maupun tidak. Adapun untuk mengetahui siapa pengguna whatsapp atau bukan,biasanya akan ada status di bawah nama kontak bersangkutan. Cukup tekan pilihan ‘options’,lalu pilih message.

image
image

image

Whatsapp,cocok untuk segala usia! Beberapa testimoni pengguna whatsapp

“whatsapp? Ih,berguna banget tuh. Ya,setidaknya ada aplikasi kayak BBM gitulah di hp gue. Lebih enak kyk gini,males ganti HP”

-zaki,mahasiswa-

“iya,koordinasi temen2 makin gampang,misalnya pas mau hang out. Banyak manfaat nya mas eas!”

-danu,mahasiswa-

“lo pake whatsapp,eas? Kalo buat gue sih lumayan. Murah lagi,trus ga boros batere amat”

-dwi,mahasiswa-

“ih,manfaat bgt,terutama buat koordinasi persiapan ospek gue.”

-hamba Allah,mahasiswa baru-

“tatatatatata,mau ekyim (bacot lu! Mau es krim)”

-Sesilia,TK Dwi Kartika IX Balekambang-

“buat ospek,eas! Gue ngub kelompok gue via whatsapp”

-Nn,mahasiswa-

“buat nanya perkembangan langsung di proyek”

-Adi,karyawan swasta-

Pesan saya, untuk mempercepat pertumbuhan pengguna whatsapp,sebaiknya Anda segera meng-install dan mendaftarkan nomor Anda. Go realtime,guys! Silahkan download di http://www.whatsapp.com

Posted in: Komunikasi, Tekno