Daemon Tools Lite

Posted on Januari 23, 2012

1



Apakah Anda mempunyai Netbook? Nah, umumnya netbook tidak memiliki DVD Drive terintegrasi, harus dibeli secara terpisah. Lalu,jika Anda membeli software dalam bentuk DVD atau CD bagaimana cara menginstall-nya jika Anda tidak memiliki DVD Drive eksternal?

Daemon

Adalah software aplikasi drive virtual yang memungkinkannya. Anda cukup membuat image dari DVD bersangkutan di komputer yang memiliki DVD Drive. Image yang dimaksud di sini bukanlah gambar, melainkan copy-an persis sama dengan kondisi DVD bersangkutan namun dalam bentuk sebuah file. Format image DVD beragam, ada yang berformat *.iso maupun *.mdx, tergantung pilihan Anda. Saya tidak mengetahui secara pasti perbedaan dari format di atas.

Nah, salah satu aplikasi DVD Drive Virtual yang paling handal yang saya gunakan adalah Daemon Tools Lite. Dengan DT Lite, Anda dimungkinkan untuk membuat file Image dari sebuah keping DVD yang lalu di simpan di harddisk komputer Anda.

Manfaat aplikasi DVD Virtual? Banyak, terutama bagi Anda yang ingin meng-install sesuatu ke komputer Anda, apalagi jika tidak memiliki DVD Drive sungguhan. Selain itu, bagi para movie freak, hal ini mungkin akan membantu mereka menyimpan DVD Film  kesayangan mereka di komputer. Sehingga, saat mereka mengklik file image dari DVD tersebut, akan

tampil selayaknya membaca keping DVD di drive khusus.

Anda dapat mendownload Daemon Tools Lite di sini. Setelah Anda download Anda dapat menginstallnya. Di tengah proses instalasi, Anda mungkin akan mendapat pilihan versi DT Lite yang Anda akan gunakan, berbayar atau gratis. Kalau saya kebetulan memakai versi gratis. Perlu diperhatikan, sehabis Anda menginstall software ini Anda akan mendapati DVD Drive Virtual di My Computer

DVD Virtual

Gambar 1. Terlihat bagian yang dilingkari oleh garis hitam. Dalam gambar di atas dapat kita lihat bahwa hanya terdapat satu DVD Drive Virtual yang tersedia. Anda dapat menambahkan jumlah DVD Virtual ini hingga 32 DVD Drive Virtual dalam sistem Anda.

Berikut saya paparkan contoh kasus di mana Anda akan menggunakan Daemon Tools Lite ini. Jadi, Anda memiliki sebuah film dalam bentuk DVD yang ingin Anda simpan di komputer Anda.

1. Masukkan CD atau DVD ke dalam DVD-ROM milik Anda.

2. Setelah itu, di taskbar, klik kanan ikon Daemon Tools Lite. Lalu klik ‘Make Disc Image…’.

Klik

3. Tunggu beberapa saat hingga DVD-ROM Anda dapat membaca CD/DVD yang tadi Anda masukkan (Dalam Hal ini saya memasukkan CD pertama Film berjudul The Book of Eli). Perhatikan betul ‘Destination Image File’ yang tertera di kotak dialog berikut. karena di sinilah file image yang Anda buat akan tersimpan. Pada langkah ini, sebelum Anda meng-klik start Anda dapat menentukan nama file image dr CD/DVD yang Anda ingin buat dengan meng-klik pada tombol ‘…’.

image

4. Ketikkan nama file image yang Anda inginkan pada kotak file name dan tentukan formatnya. Daemon Tools Lite versi gratis yang saya gunakan menyediakan 3 pilihan format antara lain *.mdx, *.iso, dan *.mds. Saya tidak mengetahui persis perbedaannya. Tetapi saya menyarankan Anda untuk memilih format *.iso atau *.mdx. Jika penggunaan salah satu format di atas gagal, coba mengulang langkah di atas dan mencoba format yang lain. Jika sudah pilih ‘Save’.

image

5. Klik tombol start yang ada pada kotak dialog ‘Disc Imaging’ dan proses imaging segera dimulai. Berikan tanda centang pada pilihan ‘Close this window on successful finish’ untuk memastikan bahwa kotak dialog akan tertutup dengan sendirinya jika proses imaging berhasil. Apakah mungkin proses imaging gagal? Saya jawab mungkin saja. Hal ini bergantung pada kondisi DVD-Drive milik Anda dan juga kondisi CD/DVD yang ingin Anda buat image-nya.

Imaging

6. Setelah proses imaging selesai Anda dapat melakukan double-click pada image file yang Anda buat tadi. Maka DVD tadi akan muncul seakan-akan sedang dibaca di sebuah DVD-Drive virtual yang Anda buat. Ada tiga kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, komputer Anda akan langsung memainkan film yang Anda buat image-nya tadi (jika Anda mengaktifkan fitur ini). Kedua, akan muncul kotak Autoplay yang akan memberikan pilihan bagi Anda mau melakukan apa dengan CD/DVD image tersebut. Ketiga, tidak terjadi apa-apa. Mungkin karena Anda kurang sempurna dalam meng-double click file image tersebut atau memang komputer Anda tidak mengaktifkan fitur autoplay. Yang jelas untuk mengakses isi file tersebut, pergi ke ‘My Computer’ dan Anda dapat melihat file image seperti CD/DVD fisik yang nyata sedang dimasukkan dalam drive virtual tambahan yang Anda dapatkan.

Mounted

7. Bagaimana caranya untuk menyetop DVD Virtual saya membaca file image yang komputer saya baca? Caranya mudah. Dengan meng-klik kanan pada DVD ROM Virtual Anda, lalu klik ‘Eject’ Atau juga bisa dengan meng-klik kanan ikon Daemon Tools Lite pada Taskbar, klik ‘Virtual Devices’, lalu klik drive SCSI, lalu klik ‘Unmount Image’.

Eject

 

Oh, ya Anda dapat memiliki lebih dari satu drive virtual yang berbeda. caranya adalah dengan klik kanan pada ikon Daemon Tools Lite pada taskbar, lalu klik ‘Virtual Devices’, lalu klik ‘Add SCSI Virtual Device’ atau ‘Add DT Virtual Drive’. Pada versi gratis, Anda hanya diperbolehan untuk memilik 2 buah DVD-ROM Virtual SCSI dan 2 buah DVD-ROM Virtual DT. Pada versi berbayar, Anda dapat memiliki hingga 32 unit untuk SCSI dan 32 unit untuk DT. Perbedaan keduanya tidak saya ketahui secara pasti, namun memiliki fungsi yang sama, yaitu tetap sebagai DVD Drive Virtual.

 

8. Jika Anda memiliki lebih dari satu drive virtual, Anda harus menggunakan cara khusus untuk menempatkan file image Anda pada DVD Drive Virtual tersebut. Yaitu dengan klik kanan pada ikon Daemon Tools Lite pada taskbar lalu klik ‘Virtual Devices’ lalu pilih DVD-ROM virtual yang Anda inginkan, lalu klik ‘Mount Image…’. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Open untuk mencari file image yang Anda ingin baca. Setelah meng-klik pada image yang Anda inginkan, klik ‘Open’.

image

9. Voila! Terlihat di my computer bahwa kita memiliki 2 buah DVD-ROM virtual, namun hanya salah satunya yang membaca sebuah file image. Sedangkan drive virtual lainnya kosong alias tidak bekerja. Anda dapat menggunakan drive virtual yang kosong tersebut untuk membaca dvd image lain dalam waktu bersamaan.

2 DVD drive

 

UNTUK APA SAJA DAEMON TOOLS LITE DAPAT KITA GUNAKAN?

Tentu banyak hal yang dapat kita lakukan dengan software ini. Anda dapat menggunakannya untk menyimpan Film berbentuk DVD yang baru Anda beli dari toko film atau juga menyimpan DVD installer dari software atau PC game yang Anda sukai. Anda. Atau untuk beberapa hal seperti instalasi software bagi netbook, laptop, maupun notebook yang tidak memiliki DVD Drive internal maupun eksternal. Biasanya, instalasi yang melibatkan lebih dari 1 keping media optik memerlukan fitur autoplay untuk menyambung proses instalasi dari kepingan pertama ke kepingan kedua. Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi komputer yang tidak memiliki DVD Drive sungguhan.

File-file hasil proses imaging dapat Anda copy ke perangkat komputer lainnya untuk digunakan pada perangkat tersebut. Anda juga boleh memindahkan file-file ini sesuka Anda, namun jangan lupa untuk mengingat lokasi Anda memindahkannya untuk keperluan Anda di masa mendatang jika memerlukan file tersebut.

Semoga bermanfaat!