Mempersiapkan kamar kos baru dengan baik

Posted on Juli 27, 2012

0


koskosan


Artikel ini saya khususkan bagi para calon mahasiswa maupun mahasiswa yang ingin menata kamar tempat kos-nya dengan lebih baik. Adapun artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi saya setelah kurang lebih setahun saya berkuliah di sebuah kota tepatnya sebuah perguruan tinggi negeri di daerah Jawa Tengah.

Dalam menata kamar kos, tentu kita menginginkan banyak hal yang membuat kita nyaman. Sedapat mungkin kita menata kamar kita dengan baik agar kita betah dan nyaman saat tinggal. Kita menginginkan penataan ruangan yang efektif dan bisa menunjang kegiatan kita, terlebih jika kamar kos yang kita tempati tidak memiliki ukuran yang cukup besar. Nah, hal ini saya rasakan betul saat saya menjalani kuliah. Saya membutuhkan ruangan yang efektif untuk mengatur kamar saya.

Dalam beberapa kasus, kita akan mendapatkan kamar kos yang hanya berisi sedikit furnitur. Di sinilah titik penting untuk kita dalam menentukan apa saja yang kita butuhkan untuk tinggal selama kita berkuliah. Nah, untuk itu saya akan memberikan panduan yang mungkin akan membantu Anda dalam menata kamar kos Anda dengan efektif.

Utamakan penyimpanan vertikal

Penyimpanan vertikal diutamakan supaya luasan kamar kita tidak terhalang oleh karena penempatan benda-benda milik kita. Terlebih, kamar kos pada umumnya tidak terlalu luas, kecuali Anda ingin menyediakan dana ekstra untuk menyewa kamar yang besar. Penyimpanan vertikal ini dapat berupa lemari,rak sepatu yang punya banyak tingkatan. Semakin banyak tingkatan berarti makin banyak barang yang dapat disimpan dengan rapi.

Sebagai contoh adalah gambar di bawah ini. Gambar di bawah merupakan rak sepatu yang saya beli untuk kamar kos saya. Namun jika kita perhatikan kedua tingkat terbawah dari rak ini saja yang saya gunakan sebagai rak sepatu. Tingkatan lainnya saya gunakan untuk menempatkan kaus kaki, lalu juga ada buku dan kerta yang berserakan. Hal ini lebih baik dibandingkan membiarkan buku berserakan di lantai, yang dapat membuat sebagian orang malas belajar karena kondisi kamarnya berantakan.

Rak Sepatu

Perhatikan benda-benda yang dapat digantung

Selain mengutamakan penyimpanan vertikal, kita juga harus memaksimalkan penggunaan tembok di kamar kos untuk benda-benda tertentu misalnya gantungan pakaian. Selain sebagai gantungan pakaian, gantungan semacam ini dapat digunakan untuk menggantung kantong plastik.

Gantungan Pakaian di Tembok

Stop kontak listrik

Pada umumnya, kita hanya akan mendapati jumlah stop kontak yang terbatas untuk colokan benda elektronik kita di kamar kos. Mungkin hanya terdapat satu hingga dua buah slot stop kontak yang tersedia. Adalah penting untuk membawa extender dari stop kontak untuk menambah jumlah stop kontak. Namun, ada baiknya juga kita memperhatikan tata letak stop kontak ini demi alasan estetika dan terutama keamanan. Saya pribadi memilih meletakkan stop kontak di tempat saya jarang berlalu lalang agar perpindahan saya tidak terhalang oleh juntaian kabel-kabel, yaitu dipojok ruangan dan ditempelkan di tembok.

Stop Kontak Listrik di Tembok

Beli barang dengan cermat

Saya rasa, hal ini merupakan poin yang sangat penting. Apalagi yang mengerti akan kebutuhan Anda sebenarnya adalah Anda juga,bukan? Untuk itu, saya akan memberikan beberapa saran terbatas sebagai panduan Anda dalam membeli barang untuk kamar kos Anda. Alangkah baiknya jika Anda menunggu terlebih dahulu untuk memutuskan membeli suatu barang jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkannya. Jangan terlalu banyak mengira banyak jenis barang yang Anda pikir diperlukan walau nanti pada akhirnya barang tersebut menjadi sia-sia.

Contohnya adalah meja komputer di bawah di mana bisa Anda lihat terdapat tempat untuk keyboard komputer. Kenyataannya, saya menyesal membeli barang ini. Hal ini karena walau meja ini memakan tempat di kamar saya, namun fungsinya nyaris seperti hanya untuk tempat televisi saja. Tidak lebih. Dulunya saya pernah menempatkan buku-buku milik saya pada bagian laci keyboard dan bagian bawah meja ini. Namun, yang terjadi adalah buku-buku saya mengalami kerusakan karena tergesek berkali-kali. Selain merusak buku saya, menyimpan benda di meja ini membuat kamar saya terlihat berantakan.

Meja Komputer Kecil

Demikian sedikit saran dari saya untuk merancang kamar kos Anda dengan baik. Terimakasih.

Sumber : Pengalaman Pribadi

Ditandai: , ,
Posted in: Pribadi