Menara Eiffel Lambang Revolusi Perancis dan Restoran di dalamnya

Posted on Agustus 24, 2012

0


Eiffel Tower


Jika dilihat sekilas, Menara Eiffel merupakan menara yang terdiri dari susunan kerangka besi. Namun siapa bagaimanapun juga, menara ini memiliki sisi historis sebagai Lambang Revolusi Perancis yang pada akhirnya sekaligus menjadi ikon kota Paris maupun negara Perancis. Apakah Anda ingin ke sana?

Menara Eiffel dalam bahasa Perancis disebut dengan nama La Tour Eiffel terletak di ibukota Perancis, Paris, tepatnya di Champs de Mars sebuah area publik yang didominasi oleh rumput hijau. Tingginya sekitar 320 meter.  Nama Eiffel sendiri diambil dari nama seorang insinyur Perancis yang merancang menara ini. Adapun tujuan awal didirikannya menara ini adalah untuk memperingati 100 tahun Revolusi Perancis dalam sebuah pameran berskala internasional.

Komponen besi yang terdapat di menara ini memiliki berat total 7.300 ton dari berat keseluruhan sebesar 10.100 ton. Namun, karena desain yang sedemikian rupa sehingga jika seluruh komponen besi dari menara ini kita dicairkan maka akan kita dapatkan volume total yang setara dengan ‘hanya’ 125 meter persegi dengan kedalaman 6 centi meter (dengan asumsi 7.300 kg besi/m3). Satu hal lagi, dikarenakan material penyusun yang sebagian besarnya besi, tinggi total menara eiffel dapat memuai sebesar 18 cm pada siang hari yang panas.

Konstruksi besi dari Menara Eiffel adalah Puddle Iron

 

Pada masa-masa awal menara ini dibangun berbagai kalangan yang terdiri atas penulis, seniman, dan arsitek membuat petisi yang berisi nota protes akan pembangunan menara ini kepada Menteri Tenaga Kerja dan Pameran Perancis. Intinya mereka merasa bahwa pembangunan menara ini akan merusak kecantikan kota Paris. Menurut mereka, berdirinya menara itu akan membuatnya terlihat dominan di kota itu. Hal ini yang membuat mereka berpikir bahwa keberadaan Menara Eiffel akan sangat menggangu citra Paris sebagai kota yang berseni. Namun, Eiffel bersikeras dengan mengatakan bahwa menara rancangannya merupakan simbol kemegahan arsitektur dan keteknikan modern. Ia mengatakan bahwa bentuk menara Eiffel juga disesuaikan berdasarkan perhitungan untuk membuat menara setinggi ini tahan terhadap terpaan angin. Hal ini terbukti bahwa menara setinggi ini hanya bergoyang sebesar enam hingga 7 centimeter akibat hempasan angin.

Gustave Eiffel

Gustave Eiffel adalah pendiri menara Eiffel

 

Menara ini dibangun dengan bantuan dana dari pemerintah Perancis saat itu sebesar 1,5 juta franc. Namun dana ini hanya sebesar kurang dari seperempat perkiraan biaya total pembangunan menara. Maka Eiffel mendirikan perusaan khusus untuk mengelola menara ini untuk mencari dana tambahan ketika itu. Pada akhirnya Menara Eiffel dapat dibangun dengan dana total 7,799,401.31 franc di tahun 1889.

Proses pembangunan awal dengan membangun pondasi menara dimulai pada bulan Januari 1887 dan pondasinya selesai dibangun pada tanggal 30 Juni 1887. Proses pembangunan menara membutuhkan 1.700 gambar, 3.629 gambar detail, 18.038 potong komponen besi 2.500.000 buah paku. Perlu kita ketahui bahwa tidak seperti bangunan pada umumnya, menara ini memiliki bentuk yang unik seperti lengkungan di keempat sisi kakinya sehingga perancangan menara ini tentu melalui perhitungan yang rumit seperti panjang dari berbagai komponen besi yang menyusunnya. Adapun  seluruh potongan besi yang digunakan selama proses pembangunan menara ini, semuanya dibuat langsung di pabrik sehingga pekerja lapangan saat itu tinggal memasangnya sesuai dengan rancangan yang ada. Jika ditemukan ada bagian yang kurang sesuai maka potongan itu dikirimkan kembali ke pabrik untuk dirubah. Menara ini selesai di bangun pada tahun 1889 dan dibuka secara resmi pada tanggal 31 Maret 1889. Menakjubkan, bukan?

Pembangunan menara ini melibatkan kurang dari tiga ratus pekerja dan selama proses pembangunannya satu pekerja tewas.

Video proses pembangunan Menara Eiffel dari waktu ke waktu. Courtesy of Youtube

Sebenarnya, dulu menara ini hanya dimaksudkan untuk berdiri selama 20 tahun saja. Setelah masa 20 tahun itu, maka kepemilikan menara ini akan beralih kepada Pemerintah Kota Paris. Namun saat itu sedang terjadi Perang Dunia kedua di Eropa. Militer Perancis saat itu mencoba untuk memasang sebuah perangkat di puncak menara untuk memancarkan sinyal radio yang berguna mengganggu peralatan komunikasi radio milik Jerman. Ternyata berhasil! Tindakan itu turut diperhitungkan berperan serta pada kemenangan tentara sekutu pada perang Marne tahun 1914 sehingga menara itu menjadi kebanggaan. Setelah itu perusahaan penyiaran radio berlomba-lomba memasangkan pemancarnya di puncak Menara Eiffel. Hingga kini, berbagai perusahaan televisi, radio, dan komunikasi di Perancis banyak yang memasangnya pemancarnya di pusat menara tersebut. Hingga artikel ini ditulis, Menara Eiffel merupakan menara pemancar siaran radio tertinggi ketujuh di dunia.

Menara Eiffel menghabiskan sebanyak banyak biaya untuk perawatan dan konsumsi listrik yang ia gunakan. Hal ini dikarenakan komponen besi yang digunakan dapat berkarat dan pemasangan banyak lampu untuk memberikan sefek cahaya yang indah setiap malamnya di kota Paris. Tercatat, Menara Eiffel mengalami cat ulang setiap tujuh tahun dimana setiap hal ini dilakukan dibutuhka 40 hingga 50 ton cat. Adapun biaya untuk cat sebanyak itu tercatat sekitar 5.300.000 dollar AS. Menara Eiffel juga menghabiskan 7,5 juta kilowatt-hours listrik setiap tahunnya dengan tagihan listrik sebesar 400 ribu dollar AS per tahun.

Menara Eiffel saat malam hari selalu dihiasi cahaya seperti ini

 

Demikian indah dan uniknya menara ini. Tak heran sejak tahun berdirinya (1889) menara ini telah dikunjungi lebih dari 200 juta orang dari berbagai belahan dunia. The tower is the most-visited paid monument in the world.

Adapun jadwal menara ini

January 1st to June 14

Tower: 9:30 a.m. to 11:00 p.m.
Elevator: 9:30 a.m. to 11:45 p.m. (Final ascension 11:00 p.m./10:30 p.m. top floor)
Stairs: 9:30 a.m. to 6:30 p.m. (Final admission at 6:00 p.m.)

June 15th to September 1st

Tower: 9:00 a.m. to midnight
Elevator: 9:00 a.m. to 12:45 a.m. (Final ascension at midnight/11:00 p.m. top floor)
Stairs: 9:00 a.m. to 12:30 a.m. (Final admission at midnight)

September 2nd to December 31st

Tower: 9:30 a.m. to 11:00 p.m.
Elevator: 9:30 a.m. to 11:45 p.m. (Final ascension 11:00 p.m./10:30 p.m. top floor)
Stairs: 9:30 a.m. to 6:30 p.m. (Final admission 6:00 p.m.)

Lokasi dan contact info

Menara Eiffel terletak di Champ de Mars, Paris. Kode koordinatnya adalah 48°51′30″N 2°17′40″E / 48.8583°N 2.2945°E. Lokasi menara ini dapat dicapai dengan berbagai transportasi umum seperti taksi, bus, maupun metro. Nomor telepon yang dapat Anda hubungi di Paris untuk urusan tur ke monumen ini adalah 33 (0) 1 44 11 23 23. Adapun alamat situs web resminya di http://www.tour-eiffel.fr/teiffel/uk/.

 

Tiket

Ada dua cara untuk menaiki menara ini, yaitu dengan tangga dan lift. Berdasarkan situs web penjualan tiket online-nya, kunjungan ke menara ini mengenakan harga tiket yang berbeda. Untuk saat ini, penjualan tiket naik dengan tangga tidak dijual secara online sedangkan untuk tiket lift sudah dijual secara online. Harga tiket dengan lift itu sendiri terbagi menjadi dua: tiket untuk mengakses tiga tingkat dan tiket untuk mengakses dua tingkat saja. Adapun setelah Anda membeli tiket secara online, di situ akan ditunjukkan waktu Anda dapat naik ke atas menara ini. Untuk itu Anda harus sudah bersiap-siap beberapa menit sebelum waktu yang tertera pada tiket Anda untuk dapat menaiki menara tersebut. Merepotkan memang namun begitulah peraturannya. Kisaran harga tiket antara lain: Dewasa 14 euro, Pemuda (12 hingga 24 tahun) 12,5 euro, anak (4 hingga 11 tahun) 9,5 euro, bayi (4 tahun ke bawah) 0 euro, orang dengan kelainan fisik 9,5 euro, dan orang yang mendampingi kelainan fisik 9,5 euro.

Elevator (Lift) pada Menara Eiffel

 

Untuk perjalanan khusus sebuah rombongan, menara ini menyediakan paket khusus. Anda dapat mengetahui infomasi mengenai hal ini dengan cara klik di sini.lift, eiffel, menara, tower

Kunjungi saat tidak terlalu ramai

Antrian untuk menaiki lift menara Eiffel. Anda harus memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kita tahu bahwa monumen ini dikunjungi cukup banyak orang. Jika Anda ingin menghindari antrian panjang maka Anda bisa mengunjunginya di sekitar bulan Oktober hingga Maret. Pada bulan ini pengunjung tidak terlalu banyak sehingga Anda dapat menikmati menara ini dengan cukup leluasa. Namun, perlu Anda perhatikan untuk periode November hingga Februari Paris mengalami musim dingin. Sudah pasti jika sedang musim sedang dingin maka kecantikan kota ini tidak sepenuhnya Anda dapat nikmati. Atau pilihan lainnya adalah Anda dapat mengunjunginya saat hari kerja (senin hingga jumat) bukannya saat akhir minggu di mana banyak orang menghabiskan waktu di sana.

 

Cinderamata dan Restoran

Di dalam Menara Eiffel, Anda juga dapat menemukan berbagai cinderamata yang dijual dan dua buah restoran.

Untuk cinderamata dapat Anda beli di lantai dasar, tingkat pertama, dan tingkat kedua.

Terdapat dua buah restoran di Menara Eiffel. Yang pertama adalah restoran Le 58 Tour Eiffel. Letaknya terdapat di tingkat pertama. Anda dapat memesan paket khusus dari restoran ini yang dinamakan Eiffel Tower Dinner and Seine River Cruise. Maksud paket ini adalah Anda akan dijemput langsung dijemput dari hotel tempat Anda tinggal di Paris lalu diantarkan ke kapal kecil untuk mengarungi sungai Seine. Lalu Anda akan dipandu menuju kaki menara Eiffel dan naik ke tingkat 1 di mana restoran Le 58 Tour Eiffeli berada. Untuk menikmati paket ini Anda harus mengeluarkan uang berkisar US$150. Klik di sini untuk melakukan reservasi di Le 58 Tour Eiffel restaurant. Yang kedua terdapat restoran Le Jules Vernes. Restoran ini terletak di tingkat kedua menara Eiffel. Kelebihan menara ini tentu saja karena posisinya yang lebih tinggi sehingga Anda dapat melihat keindahan kota paris dengan lebih leluasa. Untuk menikmati restoran ini, Anda harus merogoh kocek sekitar US$65 untuk menu lunch dan US$200 untuk makan malam. Oh iya, restoran ini juga menyediakan minuman seperti wine pilihan yang terbaik yang beberapa di antaranya seharga di bawah US$40. Untuk menikmati restoran Le Jules Vernes Anda harus terlebih dahulu melakukan reservasi melalui telepon 33 (0)1 45 55 61 44 dan fax 33 (0)1 47 05 29 41. Harus Anda ingat bahwa pergi ke restoran ini Anda harus memakai pakaian yang formal. Hindari memakai bahan jeans maupun sepatu sneakers. Klik di sini untuk melakukan reservasi di restoran Le Jules Vernes.

Pemandangan dari restoran Le 58 Tour Eiffel

  

Pemandangan dari restoran Le Jules Vernes

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Eiffel_Tower ; http://goparis.about.com/od/parismonuments/p/Eiffel_Tower.htm ; http://goparis.about.com/od/parisrestaurantreviews/a/EiffelTower_Eat.htm ; http://www.paris-trip.com/47/eiffel-tower-dinner-and-seine-river-cruise.asp ; http://paris.eiffel-tower-faq.com/construction/

Baca juga : http://www.lejulesverne-paris.com/ ; http://www.tour-eiffel.fr ; http://www.restaurants-toureiffel.com/ ;

Ditandai: , ,
Posted in: Luar Negeri, Wisata