Patung Liberty kebebasan kami.

Posted on Agustus 27, 2012

0


Patung Liberty


Siapa yang tak kenal patung liberty? Patung ini berdiri tegak di kota New York, Amerika Serikat hingga kini. Mari, kita mengenalnya lebih dekat! Namun, patung ini sebenarnya tidak dibuat di Amerika Serikat, namun di Perancis.

Patung Liberti dikenal sebagai patung  yang cukup besar yang terletak di pelabuhan kota New York (Amerika Serikat) tepatnya di Pulau Liberty (Liberty Island). Patung ini merupakan hadiah dari Pemerintah Perancis untuk Amerika Serikat dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan (Independence Day) Amerika Serikat. Patung ini menggambarkan dewi kebebasan bangsa Romawi  dengan jubah yang membawa obor dan memegang lempengan persegi yang memuat tanggal kemerdekaan Amerika Serikat, 4 Juli 1776. Detil lainnya, di kaki sang dewi, terdapat rantai terputus sebagai lambang dari kebebasan dari belenggu. Selain melambangkan kebebasan, patung ini juga diartikan sebagai penyambutan para imigran terdahulu yang pulang kembali ke tanah kelahirannya, Amerika Serikat.

 

 

Patung ini memiliki tinggi 46 meter dan berat 204 ton sedangkan landasannya setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga.

Patung ini di desain oleh Frédéric Bartholdi dari Perancis. Dulu, sang desainer terinspirasi pada pemikiran seorang Professor Hukum sekaligus politisi berkebangsaan Perancis yang bernama Édouard René de Laboulaye. Beliau mengatakan bahwa monumen apapun yang dibangun berkaitan dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat sebaiknya dibangun berdasarkan kerjasama orang-orang Perancis dan Amerika Serikat. Karena bagaimanapun juga kemerdekaan Amerika Serikat dari Inggris tidak terlepas dari bantuan musuh bebuyutan Inggris yaitu Perancis.

 

Frederic Auguste Bartholdi

Frederic Auguste Bartholdi sang Perancang Patung Liberty

 

Karena demikian besarnya patung ini dan karena rancangan kontruksi yang sedemikian rupa, maka patung ini dibuat secara terpisah. Adapun pembuatan bagian-bagian patung ini dilakukan di Perancis. Bartholdi terlebih dahulu membuat bagian lengan yang memegang obor dan bagian kepala yang kemudian ditempatkan pada pameran berskala internasional. Pada tahun 1877, Bartholdi berhasil menyelesaikan bagian kepala patung ini yang kemudian dipamerkan pada Paris World’s Fair di tahun 1878. Adapun pameran-pameran tersebut merupakan upaya dari pihak Perancis untuk menggalang dana biaya pembuatan patung. Pihak Perancis juga membuat upaya lain dalam memperoleh dana seperti mengadakan lotre yang berhadiah replika perak dari patung ini. Di akhir tahun 1879, pihak Perancis berhasil memperoleh 250 ribu franc (franc merupakan mata uang Perancis saat itu).

Oh ya, dalam menyelesaikan patung ini, Bartholdi mengajak seorang insinyur berkebangsaan Perancis, Gustave Alexandre Eiffel, untuk membuat kerangka dalam patung ini.

 

Interior Puncak Patung Liberty tepatnya bagian kepala

 

Dalam pembuatan patung ini, pihak Amerika Serikat bertugas membangun sebuah bangunan sebagai landasan agar patung Liberty dapat berdiri tegak dan menyediakan lokasinya.

 

Liberty, Statue, Pedestal, Landasan

Landasan Patung Liberty

 

Biaya untuk membuat landasan (pedestal) patung ini diperoleh melalui penggalangan dana. Saat itu perekonomian Amerika Serikat tidak terlalu baik akibat efek krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1873. Penggalangan dana itu sendiri dimulai pada tahun 1882. Berbagai upaya untuk penggalangan dana seperti acara lelang benda-benda seni dan penjualan berbagai naskah. Walau berbagai upaya telah dilakukan namun pengumpulan dana masih mengalami hambatan. Antara lain veto Gubernur New York saat itu, Grover Cleveland, mengenai keputusan memberikan dana sebesar 50 ribu dollar AS untuk biaya pembangunan patung ini pada tahun 1884. Juga ketidaksetujuan pihak partai Demokrat di tingkat kongres mengenai rencana pemberian dana sebesar 100 ribu dollar AS, padahal dana sebesar merupakan jumlah yang cukup untuk menyelesaikan proyek ini. Komite kota New York hanya memiliki dana sebesar 3 ribu dollar AS di bank saat itu. Maka proyek pembangunan pedestal patung ini pun tertunda untuk sementara waktu. Saat nasib proyek ini berada di ujung tanduk, Joseph Pulitzer, penerbit surat kabar World yang terbit di New York memiliki ide untuk mendaftar nama-nama penyumbang sekalipun nilai sumbangan mereka terbilang kecil. Akhirnya pada tanggal 11 Agustus 1885, surat kabar World  mengumumkan bahwa dana terkumpul sebanyak 102 ribu dollar AS dari 120 ribu donor. Juga perlu diperhatikan, 80 persen dari pendonor hanya memberikan uang sejumlah kurang dari satu dollar AS saja.

 

Joseph Pulitzer

Joseph Pulitzer merupakan orang yang cukup berjasa dalam menggalang dana pembangunan landasan Patung Liberty

 

Setelah melalui berbagai kesulitan, akhirnya pihak Perancis saat itu membongkar patung tersebut dan mengirimkannya ke Amerika Serikat berupa 350 bagian. Setelah sampai di Amerika Serikat tepatnya di pulau Bedloe (Bedloe’s Island) patung ini disusun selama empat bulan hingga akhirnya selesai pada tanggal 28 Oktober 1886. Ini artinya sepuluh tahun setelah ulang tahun kemerdekaan Amerika Serikat yang ke-100. Adapun pulau ini mengalami pergantian nama menjadi pulau Liberty pada tahun 1956. Perlu diketahui sebenarnya pulau ini bukan terletak di wilayah perairan kota New York melainkan New Jersey. Namun melalui sebuah perjanjian pulau ini tetap termasuk wilayah kota New York.

Jika Anda ingin mengunjungi patung ini, maka Anda diharuskan menaiki kapal ferry yang dioperasikan oleh perusahaan Statue Cruises. Dapat dikatakan bahwa tiket kapal ferry sudah termasuk tiket masuk ke Museum yang terletak di landasan patung ini berdiri. Prosedur untuk menaiki kapal ini  terbilang ketat karena Anda diharuskan untuk melalui proses pemeriksaan oleh petugas keamanan. Seperti di bandara, bukan? Selain itu Anda harus membayar tiket kapal. Adapun saat artikel ini diketik, harga tiket untuk dewasa sebesar 13 dollar AS (di mana untuk orang berusia 62 tahun ke atas sebesar 10 dollar AS), anak-anak (4 s/d 12) sebesar 5 dollar AS dan untuk anak-anak 3 tahun ke bawah gratis. Jika Anda ingin naik ke bagian kepada patung Liberty maka Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 3 dollar AS per kepala. Selain itu  Anda dapat membeli tiket ini secara online di alamat web ini. Sedangkan untuk jadwal pengoperasian kapal ini dapat Anda lihat di official ferry schedule.

 

Statue Cruises

Statue Cruises yang sedang berlayar

 

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi patung Liberty di pulau ini. Antara lain: (1) Untuk mengunjungi pulau ini Anda akan melalui pemeriksaan keamanan seperti di bandara Amerika Serikat pada umumnya dan bagi Anda yang ingin masuk ke monumen patung Liberty akan ada pemeriksaan tambahan, (2) Dilarang membawa tas berukuran besar jika ingin mengunjungi Liberty Island maupun Ellis Island (karena ferry ini akan melalui Ellis Island juga), (3) Tidak ada fasilitas penyimpanan barang di tempat pemberangkatan baik di New Yok maupun di New Jersey, (4) Bagi Anda yang ingin mengunjungi monumen Patung Liberty maka akan disediakan fasilitas loker pribadi untuk menyimpan barang-barang yang tidak boleh dibawa masuk ke monumen, (5) Anda tidak diperbolehkan untuk membawa tas punggung, kereta dorong anak-anak, maupun payung berukuran besar jika ingin masuk ke dalam monumen, (6) Dilarang membawa makanan maupun minuman dalam bentuk apapun ke dalam Patung Liberty, (7) Tentu saja Anda tidak diperbolehkan membawa segala bentuk senjata (seperti benda tajam maupun senjata api) maupun alat pertahanan diri seperti pepper spray.

 

 

Sumber: http://gonyc.about.com/cs/attractions/p/statueofliberty.htm ; http://en.wikipedia.com/wiki/Statue_of_Liberty ; http://www.nyctrip.com/Pages/Index.aspx?PageID=103 ;

 

Posted in: Luar Negeri, Wisata