Iconia PC tablet dengan Windows 8 yang menggoda

Posted on Februari 4, 2013

11


Iconia PC tablet dengan Windows 8


Acer Indonesia akhirnya merilis salah satu produk tabletnya, Acer Iconia W510, beberapa waktu lalu. Komputer tablet ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan produk sejenis di pasaran. Karena pengguna dapat “menyulap” produk ini menjadi tiga bentuk yang berbeda. Selain itu, di saat produsen lain berlomba-lomba meluncurkan komputer tablet Android, Acer membekali Iconia W510 dengan sistem operasi Windows 8 besutan Microsoft. Lalu, menurut penelusuran yang saya lakukan, Iconia W510 merupakan tablet hybrid windows 8 yang cukup murah yang tersedia di pasaran saat ini. Apa kelebihannya? Yang pasti akan sangat menggoda…

Desain

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Gambar 1. Desain Iconia W510 sangat menarik. Sederhana namun elegan. Gambar : http://www.acerid.com

Jika kita perhatikan sekilas, Iconia W510 memiliki tampilan yang cantik dan menarik. Perpaduan warna hitam di bagian layar dan silver di bagian belakang memberikan kesan modern nan elegan. Layarnya dikelilingi bezel berwarna hitam agar pengguna dapat menikmati keindahan tampilan layar secara maksimal. Lekukan di setiap ujungnya terlihat rapi. Dengan kisaran ukuran 259 x 168 x 9 mm, tablet berbobot 580 gram ini terkesan ramping namun tetap nyaman dipegang oleh satu tangan sekalipun. Selain itu, material plastik penyusun produk ini terlihat cukup kokoh. Produk ini dapat dikatakan sebagai sebuah masterpiece yang patut diperhitungkan.

Keberadaan port penunjang fungsi produk ini terdapat hampir di semua sisi. Di sisi kiri, kita dapat menemukan jack audio 3.5 mm, tombol autorotate, dan tombol unlock. Di sisi kanan terdapat slot Micro SD, port Micro USB, port mini HDMI, dan tombol volume. Untuk sisi bagian bawah dapat dihubungkan ke keyboard dock khusus yang dapat dibeli secara terpisah.

Hardware

Pada umumnya, perangkat tablet yang banyak beredar di pasaran menggunakan prosesor dengan arsitektur ARM, namun tidak dengan PC tablet yang satu ini. Acer memasang prosesor Intel Atom generasi terbaru dengan clock speed 1.8 Ghz dengan pemroses grafik Intel Graphics Media Accelerator 3650. Lalu, terdapat pula RAM berukuran 2GB dan media penyimpanan SSD sebesar 32GB. Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar lagi, tersedia pula slot micro SD yang dapat disisipi media penyimpan tambahan.

Konektivitas dan Keyboard Dock

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Gambar 2. Keyboard dock Acer Iconia W510. Selain untuk menambah produktivitas, pada dock ini juga terdapat port USB tambahan layaknya laptop biasa dan baterai guna memperpanjang waktu menyala produk ini. Gambar : www.acerid.com

Untuk urusan transfer data, tablet Iconia W510 telah dilengkapi dengan konektivitas kabel maupun nirkabel. Untuk koneksi kabel, perangkat ini memiliki port micro USB yang dewasa ini banyak terdapat di produk elektronik terbaru. Juga port mini HDMI untuk keperluan menghubungkan produk ini dengan layar eksternal yang berukuran lebih besar. Sedangkan untuk koneksi nirkabel, produk ini dilengkapi dengan wi-fi dan bluetooth. Selain itu, dalam paket penjualannya, tablet Iconia W510 ini juga dilengkapi adaptor khusus (micro USB ke USB) untuk keperluan menghubungkan perangkat ini dengan perangkat USB lainnya, seperti flashdrive, mouse, keyboard eksternal, modem, bahkan harddisk eksternal.

Jika Anda memasang keyboard dock pada tablet ini, terdapat tombol pengunci di bagian keyboard untuk memastikan Iconia Anda telah terpasang dengan aman. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika tablet ini akan terjatuh dari dock-nya saat digunakan. Yang menjadi salah satu keiistimewaan produk ini adalah, setelah tablet dipasang pada keyboard docking, Anda masih dapat memutar layar secara horizontal. Sebagai tambahan, keyboard dock ini juga memiliki sebuah port USB tambahan dan port pengisian daya.

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Gambar 3. Engsel keyboard dapat diputar secara horizontal sehingga tombol keyboard berada di bagian belakang layar. Gambar : www.acerid.com

Layar

Acer Iconia W510 dibekali layar capasitive 5-point berukuran 10.1” beresolusi 1366 x 768 piksel. Perlu Anda ketahui, resolusi layar sebesar ini umumnya terdapat pada layar notebook/laptop berukuran 14”, alhasil tampilan piksel pada layar W510 terlihat sangat padat, halus, dan ketajaman gambarnya tidak dapat diragukan lagi. Selain itu, layar Iconia W510 telah dibekali teknologi IPS Wide View Angle. Sehingga, tampilan layar produk ini tetap terlihat jelas dari hampir semua sudut dan mampu menampilkan warna yang cemerlang. Untuk keperluan navigasi, layar sentuh tablet ini cukup nyaman digunakan.

Sistem Operasi

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, Iconia merupakan PC tablet dengan Windows 8.  Sistem operasi besutan Microsoft ini terkenal dengan tampilan live tiles yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi sekilas tanpa harus membuka aplikasi tertentu. Tampilan ini cukup kontroversial di kalangan pengguna Windows karena perubahan user interface yang benar-benar berbeda dengan versi windows sebelumnya. Namun, Windows 8 tetap mudah digunakan karena tampil sederhana. Anda akan cepat terbiasa dengan tampilan sistem operasi yang satu ini.

Iconia W510 dapat menjalankan windows 8 dengan lancar. Navigasi antar menu terhitung cukup mulus. Hal ini dikarenakan Acer telah mengoptimalisasi penggunaan daya secara maksimal sehingga penggunaan energi tetap hemat tanpa mengorbankan performa. Bahkan saat menyalakan perangkat ini (dari kondisi mati sampai menyala) butuh waktu kurang dari 20 detik saja!

Kamera

Acer Iconia W510 telah dipersenjatai oleh kamera utama berkekuatan 8 megapiksel dengan bantuan pencahayaan lampu flash. Ketajaman gambar hasil pemotretan tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, produk ini memiliki kemampuan merekam video beresolusi 1080p alias full HD, setara dengan resolusi film berformat Bluray yang saat ini baru dapat dinikmati oleh kalangan tertentu saja! Luar biasa.

Untuk kamera sekunder, produk ini dilengkapi kamera depan berkekuatan 2.1 megapiksel. Kamera depan ini berfungsi untuk keperluan seperti video chat maupun untuk berfoto ria dengan teman maupun sanak saudara

Multimedia

Untuk urusan memutar video, Iconia W510 terbilang cukup lancar, bahkan untuk video beresolusi 1080p (full HD). Juga untuk memutar file audio seperti musik, speaker yang terdapat di sebelah kiri dan kanan tablet ini mampu memberikan efek stereo yang menganggumkan, sekalipun Iconia W510 tetaplah sebuah PC tablet!

Baterai

Acer Iconia W510 disokong oleh baterai 2-cell Li-Po 3650MAh. Produk ini benar-benar memiliki kelas tersendiri dalam urusan daya tahan baterai. Acer mengklaim bahwa tablet ini dapat memutar video berformat .WMV beresolusi 720p (high definition) selama 10 jam! Durasi ini dapat mencapai 16 jam (atau 18 jam mengetik biasa) jika kondisi tablet terpasang pada keyboard dock khusus di mana terdapat baterai tambahan di dalamnya. Oh ya, manajemen daya ini di Iconia W510 telah dirancang sehingga saat dipasang pada keyboard dock, sistem akan menggunakan daya yang terdapat pada baterai dock terlebih dahulu. Jika daya pada dock telah habis, maka Iconia akan menggunakan baterai yang terdapat pada tablet. Suatu sistem yang cerdas!

Format Penggunaan

Video ini menunjukkan tiga format penggunaan Iconia W510.

Berbeda dengan PC tablet yang umumnya terdapat di pasaran, Iconia W510 menawarkan cara lebih dalam berkomputasi. Terdapat tiga format penggunaan yang akan sangat memudahkan Anda sebagai user jika Anda memiliki produk ini, antara lain:

1. Tablet Mode

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Gambar 4. Ilustrasi Tablet Mode. Gambar : www.acerid.com

Mode ini merupakan mode standar Iconia sebagai produk yang sejatinya adalah sebuah tablet. Dalam mode ini, pengguna dapat menggunakan Iconia W510 layaknya sebuah PC tablet biasa seperti merekam video resolusi tinggi, membaca ebook di mobil, dan sebagainya.

2. Presentation Mode

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Gambar 5. Ilustrasi Presentation Mode. Gambar : www.acerid.com

Mode ini menggunakan keyboard docking dengan posisi layar diputar sehingga tuts keyboard tidak nampak. Anda dapat menggunakan mode ini semisal untuk browsing dengan jangka waktu lama maupun mempresentasikanlaporan Anda dengan seorang klien misalnya.

3. Productivity Mode

Iconia PC tablet dengan Windows 8

Gambar 6. Ilustrasi Productivity Mode. Gambar : www.acerid.com

Mode ini menggunakan keyboard docking dengan format penggunaan seperti laptop biasa. Anda dapat menggunakan mode ini saat Anda ingin mengetik, misalnya, sebuah laporan yang menuntut kecepatan kerja Anda.

Kesimpulan

Iconia PC tablet dengan Windows 8 merupakan produk yang sangat patut diperhitungkan. Dengan harga yang tergolong murah dibanding tablet windows 8 sejenis yang ada di pasaran, produk ini menawarkan sesuatu yang lebih dan berbeda dibandingkan rivalnya, yaitu format penggunaan yang beragam, performa yang lumayan, dan daya tahan baterai yang luar biasa.

Saya pikir, produk ini cocok untuk digunakan oleh kalangan profesional, pelajar, dan traveler. Selain multifungsi dan nyaman digunakan, kapasitas baterai yang mumpuni sangat menjamin untuk mendukung produktivitas yang terus-menerus tanpa harus selalu mengkhawatirkan sumber listrik.

Bagaimana? Anda tergoda?

 

Referensi:

www.acerid.com

www.tabloidpulsa.co.id

Posted in: Tekno