Sehat Tanpa Berolahraga dengan Rutinitas Keseharian

Posted on Oktober 31, 2014

1


image_thumb.png


Tidak semua senang berolahraga dan tidak semua orang punya akses ke tempat olahraga, seperti gym misalnya. Tapi, mungkinkah seseorang tetap sehat bugar hanya dengan melakukan rutinitas sehari-hari?

Faktanya, kini sebagian besar dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk sambil menatap layar komputer dan perangkat digital lainnya. Kita lebih memilih menggunakan kendaraan daripada berjalan kaki untuk menuju ke suatu tempat, menghindari tangga dengan menggunakan elevator, menggunakan berbagai alat otomatis untuk keperluan rumah tangga sehari-hari, dan mengirim pesan teks atau email pada rekan kerja padahal jaraknya hanya beberapa belas meter. Singkatnya, kita menjadi semakin malas bergerak dan berolahraga dengan alasan tidak punya cukup waktu.

Berapa lama yang dibutuhkan untuk berolahraga? Kebanyakan, ahli kesehatan merekomendasikan setidaknya 150 menit olahraga dengan intensitas sedang, atau 75 menit olahraga berat per minggu. Aktivitas apapun yang menyebabkan badan bergerak adalah baik, namun hanya aktivitas dengan intensitas sedang dan tinggi yang akan mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan obesitas.

Namun, jika Anda tidak terlalu berkeinginan untuk pergi ke gym atau melakukan permainan olahraga (menurut survey kurang dari 20% orang termasuk kategori ini), maka Anda dapat mengakali cara untuk mencapai 150 menit kegiatan ber-intensitas sedang dengan melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mengungkap hal tersebut, sebuah tim dari acara ‘Trust Me I’m a Doctor’  merekrut delapan orang sukarelawan yang memiliki bentuk dan berat tubuh berbeda-beda. Tubuh mereka dipasangkan suatu sensor yang dapat memantau aktivitas manusia. Para sukarelawan juga diminta untuk melakukan berbagai kegiatan dalam ruangan maupun luar ruangan.

Penelitian ini dimulai dengan aktivitas keseharian rumahan seperti menyetrika, menyapu, membersihkan debu, dan mengepel.

Setelah para sukarelawan menyeleaikan suatu pekerjaan, ilmuwan bernama Dr Andy Blannin mengambil data mereka dengan skala 1 hingga 10, angka ini disebut dengan skor MET. MET (Metabolic Equivalent of Task) adalah ukuran konsumsi energi per jam. Siapapun yang mendapat skor lebih dari 3 dianggap melakukan aktivitas sedang, sedangkan yang mendapat nilai di atas 6 dianggap melakukan aktivitas berat. Menyetrika dan membersihkan debu hanya memiliki skor MET masing-masing sebesar 1.3 dan 1.5. Sedangkan menyapu dan mengepel memiliki skor MET sedikit di atas 3, hal itu membuat kegiatan ini memiliki intensitas yang sedang.

Dr Andy Blannin

Para sukarelawan mengaku menghabiskan 37 menit per minggu untuk melakukan dua aktivitas terakhir, yang berarti hanya seperempat dari waktu  minimum 150 menit yang disarankan.

Lalu, penelitian dilanjutkan lagi dengan melakukan aktivitas luar ruangan seperti mencuci mobil, membersihkan jendela, memotong rumput, dan menanam bunga.

Hasilnya, semua aktivitas luar ruangan ini mencapai skor MET dengan nilai lebih dari 3. Mengelap jendela mendapat skor 3.1, menanam bunga mendapat skor 3.4, mencuci mobil mendapat skor 3.6, dan memotong rumput mendapat skor MET sebesar 4.4.

Para sukarelawan mengatakan rata-rata waktu yang dihabiskan untuk kegiatan luar ruangan adalah 72 menit. Dengan begitu, jika kita kombinasikan total aktvitas mereka di dalam dan di luar ruang adalah sejumlah 109 menit. Jika ditambah dengan berjalan santai enam menit sehari, maka dalam seminggu target 150 menit tersebut akan tercapai.

 

Skor MET

Ditandai: , , ,
Posted in: Kesehatan