Kebutuhan Internet Bagi Mahasiswa

Posted on September 24, 2015

0



Pada era informasi sekarang ini, koneksi internet merupakan kebutuhan yang tak terelakkan bagi banyak orang. Hal ini karena gaya hidup manusia modern sangat bergantung pada ketersediaan koneksi internet di manapun ia berada. Dapat dikatakan, gaya hidup masyarakat kini sangat haus akan koneksi internet: Mulai dari sekedar hiburan (streaming youtube dan game online), komunikasi dengan aplikasi tertentu, hingga urusan penting seperti backup data memerlukan koneksi internet cepat dan dapat diandalkan di manapun dan kapanpun.

Kebetulan saya adalah mahasiswa yang tinggal di daerah perantauan. Kebutuhan akan internet bagi seorang mahasiswa sudah menjadi satu hal yang wajib. Untuk menggambarkan kebutuhan seorang mahasiswa akan koneksi internet, saya akan menceritakan sedikit kebiasaan dengan koneksi internet.

Social Media dan Messaging Apps

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan utama mengapa banyak orang menghabiskan waktunya untuk berkomunikasi, tak terkecuali saya. Kebutuhan berinternet yang paling banyak saya lakukan adalah aktif di social media dan berkomunikasi via messaging apps. Dengan adanya koneksi internet yang mumpuni, maka dengan mudah saya dapat berkomunikasi dengan mudah dan murah. Komunikasi yang murah tentu dilakukan dengan aplikasi messaging seperti  WhatsApp dan LINE. Berapa kalipun  pesan teks yang terkirim, biaya yang dikenakan hanya sebesar paket data yang dikonsumsi. Hal ini tidak memungkinkan jika dilakukan via SMS di mana tarif yang dikenakan berdasarkan berapa kali SMS dikirimkan, di mana satu pesan SMS hanya dapat memuat 160 karakter. Tak jarang jika sedang rindu pada orangtua, saya akan melakukan video call dengan mereka. Sehingga, internet cepat sangat diwajibkan saat ingin melepas rindu dengan kedua orangtua. Selain itu, kebutuhan untuk update di social media juga mengharuskan ketersediaan koneksi internet cepat di manapun kita berada.

Mengerjakan Tugas dan Mencari Materi Kuliah

Urusan kuliah tentu merupakan kebutuhan yang harus diutamakan. Dalam mengerjakan tugas tertentu dibutuhkan referensi yang ada di web. Setelah tugas selesai dikerjakan, biasanya saya melakukan backup ke cloud storage. Lagi-lagi dibutuhkan koneksi internet cepat untuk hal ini. Sekadar informasi, cloud storage artinya media penyimpanan yang berada di “awan”. Penjelasan sederhananya : file-file penting saya simpan di suatu penyedia layanan cloud storage dan bukan di komputer pribadi. Dengan demikian, selama masih ada koneksi internet, saya dapat mengakses file tersebut dari manapun dan kapanpun.

Hiburan

Setiap manusia butuh hiburan, termasuk mahasiswa. Hiburan dalam hal ini tentu yang melibatkan gadget. Saya suka membaca dan seringkali membaca situs-situs berita asing seperti BBC. Beritanya dikemas dengan baik dan seringkali dilengkapi dengan video liputan yang bisa di-streaming oleh pembaca. Tentu aktivitas video streaming membutuhkan koneksi internet yang cepat. Tanpa hal itu, video akan terlihat patah-patah dan menjadi kurang enak ditonton. Selain itu, terkadang saya menghibur diri dengan mencari konten-konten humor yang umumnya membuat banyak orang tersenyum sendiri, contohnya 9gag.com.

Streaming Musik

Zaman sekarang mendengarkan musik dapat dilakukan tanpa harus mengunduh file musik bersangkutan. Cara paling mudah mendengarkan musik apapun dan di manapun adalah melalui layanan streaming musik. Melalui cara ini, saya bisa memilih banyak lagu dari jutaan lagu yang ada di katalog penyedia layanan. Hal ini jelas sangat memudahkan karena untuk menyimpan banyak koleksi musik membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Walaupun demikian perlu diingat bahwa kegiatan streaming musik harus didukung koneksi internet cepat. Tanpa hal ini, musik yang didengarkan bisa saja terputus di tengah jalan.

Blogging

Di sela waktu kosong, saya biasanya menyempatkan diri untuk blog-walking atau menulis artikel untuk blog pribadi. Saat butuh informasi, saya akan mencari informasi tersebut di internet.