Fallout 3

Posted on April 16, 2010

0



Penantian itu akhirnya berakhir juga. Salah satu seri PC Game legendaris kini kembali hadir melalui sekuel terbarunya, FallOut 3. Bagi Anda yang mengharap game ini sama seperti sekuel sebelumnya mungkin agak kecewa. Kecuali bagi Anda yang terbuka terhadap inovasi, pasti Anda menyukainya.

Inovasi pertama adalah dari sisi kustomisasi karakternya. Lupakan versi konvensional dalam kustomisasi karakter seperti di semua game yang pernah ada. Dalam FallOut semua dimulai dari karakter lahir, saat itulah Anda akan menentukan gender, nama, dan wajah karakter Anda nantinya. Fallout 3 bahkan merangkainya dalam sebuah bangunan cerita yang amat cerdas. Pengenalan pertama pada atribut karakter dimulai ketika Anda berumur 1 tahun. Atribut karakter dalam game ini dikenal sebagai S.P.E.C.I.A.L. (Strenght, Perception, Endurance, Charisma, Inteligence, Agility, dan Luck). Setelah berumur 10 tahun barulah Anda diperkenalkan terhadap alat bernama Pip-Boy, yang menayangkan informasi tentang SPECIAL, skill, peta, hingga inventory yang Anda miliki. Proses yang berjenjang mulai dari lahir, praktis membuat Anda seolah terlibat langsung dan memiliki keterikatan dengan karakter yang kenyataannya adalah personifikasi Anda. Sungguh metode yang brilian.

Fallout 3 sendiri mengambil setting yang mirip dengan seri sebelumnya. Konon jauh di masa depan, perang nuklir tak terelakkan. Beruntung keluarga Anda telah berlindung dalam bunker bernama Vault 101. Di tempat inilah Anda lahir dan dibesarkan. Semua berjalan baik, hingga suatu saat ayah Anda meninggalkan Vault 101. Didorong situasi yang memburuk Anda pun mencoba mencari isang ayah. Walau itu berarti Anda harus keluar ke dunia yang penuh ancaman radiasi dengan berbagai ancaman bahaya yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan.

Meski ceritanya menarik, alur cerita Fallout 3 tidaklah linier. Layaknya game RPG, Anda bisa menentukan akan menjadi orang baik atau orang jahat yang nantinya akan menentukan akhir dari cerita. Namun, karena mengambil pendekatan game RPG di dunia modern, game ini juga mirip game FPS. Disilah inovasi muncul karena adanya V.A.T.S.. Sebuah teknologi yang memungkinkan Anda menyetop waktu. VATS mirip dengan Bullet-Time pada game Max Payne. Bedanya ia memberikan target yang spesifik, lengkap dengan persentase akurasi bidikan. Didukung grafik yang bagus dan opsi pengembangan karakter yang kompleks, Fallout 3 sangat disarankan untuk Anda miliki.

Sumber : PC Media

Posted in: FPS, Review, RPG